Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Bimbingan Konseling Dan Kematangan Karier Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Comal

Ndari , Dini Wulan and Sawitri, Dian Ratna (2019) Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Bimbingan Konseling Dan Kematangan Karier Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Comal. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
296Kb

Abstract

Kematangan karier merupakan kemampuan individu untuk membuat pilihan karier yang tepat, serta menyelesaikan tugas-tugas khas perkembangan karier yang nantinya akan digunakan dalam membuat keputusan karier. Meskipun demikian, tidak semua siswa mampu mencapai kematangan karier, karena terdapat beberapa faktor yang berkontribusi dalam terbentuknya kematangan karier. Dukungan sosial guru bimbingan konseling merupakan salah satu faktor yang diduga dapat menentukan kematangan karier siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru bimbingan konseling dan kematangan karier pada siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Comal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Comal dengan jumlah 398 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 186 siswa yang diperoleh dengan menggunakan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua alat ukur, yakni Skala Dukungan sosial guru bimbingan konseling (36 aitem, α= 0,945) dan Skala Kematangan Karier (35 aitem, α= 0,916). Analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi r = 0,368 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial guru bimbingan konseling dengan kematangan karier pada siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Comal. Semakin tinggi dukungan sosial guru bimbingan konseling, semakin tinggi pula kematangan karier siswa, begitu pula sebaliknya. Dukungan sosial guru bimbingan konseling memberikan sumbangan efektif sebesar 14% terhadap kematangan karier siswa SMA Negeri 1 Comal. Kata kunci : dukungan sosial guru bimbingan konseling, kematangan karier, siswa

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:76209
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Sep 2019 10:18
Last Modified:19 Sep 2019 10:18

Repository Staff Only: item control page