PENENTUAN STATUS MUTU DAN STRATEGI PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR SUNGAI SEBAGAI UPAYA PENGELOLAAN KUALITAS LINGKUNGAN (Studi Kasus: Sungai Rambut, Kabupaten Pemalang-Tegal, Jawa Tengah)

EFIANA, AAF and Handayani, Dwi Siwi and Nugraha, Winardi Dwi (2019) PENENTUAN STATUS MUTU DAN STRATEGI PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR SUNGAI SEBAGAI UPAYA PENGELOLAAN KUALITAS LINGKUNGAN (Studi Kasus: Sungai Rambut, Kabupaten Pemalang-Tegal, Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
65Kb

Abstract

ABSTRAK Penentuan Status Mutu dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Sebagai Upaya Pengelolaan Kualitas Lingkungan (Studi Kasus: Sungai Rambut, Kabupaten Pemalang-Tegal, Jawa Tengah) Aaf Efiana, Dwi Siwi Handayani, Winardi Dwi Nugraha Sungai Rambut merupakan bagaian dari DAS Rambut yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Hulu sungai utama berada di Desa Kajenengan, Kecamata Bojong dan hilir berada di Desa Kedungkelor Kecamatan Warureja. Berdasarkan tata guna lahan, di sepanjang sungai Rambut didominasi oleh lahan pertanian, perkebunan dan pemukiman. Adanya aktifitas di sekitar Sungai Rambut dapat menurunkan kualitas air karena masuknya air limbah seperti limbah domestik dan limbah pertanian ke sungai. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan status mutu air sungai dengan menggunakan metode NSF WQI (Nation Sanitation Foundation Water Quality Index) dan CCME WQI (Canadian Council of Ministers of The Environment Water Quality Index). Parameter yang diukur yaitu Temperatur, Kekeruhan, Total Solid, pH, Phospat, DO, BOD, Nitrat, dan Fecal Coliform. Hasil perhitungan status mutu air dengan metode NSF WQI adalah Sungai Rambut masuk dalam kategori “Sedang-Baik” dengan kisaran nilai 63,83-74,15, sedangkan hasil perhitungan metode CCME WQI, status mutu Sungai Rambut adalah “Buruk-Sangat Baik” dengan kisaran nilai 53,54-100. Pengendalian pencemaran air Sungai Rambut dilakukan dengan berdasarkan analisis kualitas air, hasil status mutu air, tata guna lahan, studi literatur. Kata kunci: kualitas air, Sungai Rambut, NSF WQI, CCME WQI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:76131
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Sep 2019 14:48
Last Modified:10 Sep 2019 14:48

Repository Staff Only: item control page