HUMAS DALAM PENGELOLAAN MEDIA KOMUNIKASI (Aktivitas Humas Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I Dalam Pengelolaan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Perusahaan

Hainun, Pratiwi (2019) HUMAS DALAM PENGELOLAAN MEDIA KOMUNIKASI (Aktivitas Humas Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I Dalam Pengelolaan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Perusahaan. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
478Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1270Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
211Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
319Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
193Kb

Abstract

Peran humas semakin strategis terlebih dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, berkembangnya media massa cetak dan eletronik menyebabkan Instansi Pemerintahan harus mampu mengelola informasi yang akan disampaikan pada masyarakat agar masyarakat dapat memperoleh pemahaman yang jelas dan lengkap tentang Instansi Pemerintahan. Sehubungan dengan tersebut, humas membutuhkan alat untuk menyebarkan informasi dengan cepat, mudah dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun yaitu media sosial. Salah satu perguruan tinggi yang menggunakan media sosial sebagai alat penyebaran informasi yaitu Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I dimana humas sendiri yang menangani hal tersebut. Namun berdasarkan data yang dihimpun. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran humas Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I dalam pengelolaan media sosial guna penyebaran informasi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif yakni dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview) dengan Kepala Bagian, Kepala Seksi dan Staff P2 Humas Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan suatu kegiatan, humas memiliki 4 peran yaitu penasehat ahli (expert prescriber), fasilitator komunikasi (communication fasilitator), fasilitator proses pemecahan masalah (problem solving process fasilitator) dan teknisi komunikasi (communication technisian). Disarankan humas Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I melakukan perbaikan dan peningkatan dari segi tampilan, konten, informasi yang lengkap agar lebih menarik dan menjadi sumber informasi yang terpercaya, mensosialisasikan kepada masyarakat media sosial yang digunakan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I dengan mengarahkan masyarakat yang membutuhkan informasi untuk membuka media sosial Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I. Sehingga masyarakat mengetahui media sosial resmi Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I dan dapat terus diikuti oleh masyarakat, perlu adanya penambahan SDM berupa tenaga kerja yang dapat menangani media sosial untuk mempercepat penanganan pertanyaan yang masuk ke media sosial Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I dan mengoptimalkan media sosial yang dimiliki Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I, mengoptimalkan target yang telah ditetapkan oleh Humas Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I yaitu One Day One Informations. Kata Kunci : Media Komunikasi, Peran Humas Pemerintahan, Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:76128
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Sep 2019 14:31
Last Modified:16 Sep 2019 14:31

Repository Staff Only: item control page