Sistem Reservasi dan Pelayanan Tiket Kereta Api Berbasis Online Pada PT. KAI (Persero) DAOP IV Semarang (Stasiun Semarang Poncol)

Rizky , Astika Sari (2019) Sistem Reservasi dan Pelayanan Tiket Kereta Api Berbasis Online Pada PT. KAI (Persero) DAOP IV Semarang (Stasiun Semarang Poncol). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
551Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
680Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
467Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
2447Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
88Kb

Abstract

Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam memperlancar roda perekonomian. Arti penting transportasi tercermin dari semakin meningkatnya kebutuhan akan jasa angkutan bagi mobilitas orang serta barang. Pembangunan jasa angkutan perkeretaapian ditujukan untuk meningkatkan daya angkut, mutu pelayanan, serta manajemen pengelolaannya sehingga dapat memberikan kepuasan bagi para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem reservasi dan pelayanan, hambatan dalam reservasi ataupun pelayanan tiket, serta untuk mengetahui solusi dari permasalahan reservasi dan pelayanan tiket kereta api. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis data yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem reservasi dan pelayanan tiket kereta api dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi online, beberapa hambatan yang terjadi dalam proses reservasi dan pelayanan tiket kereta api yaitu aplikasi KAI Access yang sering mengalami gangguan, tiket batal sistem. Cara menangani hambatan tersebut adalah dengan melakukan input data ke dalam laporan Customer Relation Management selanjutnya disebut (CRM) untuk mendapat penanganan dari kantor pusat, cetak manifes melalui customer service. Hambatan lain yaitu masih kurangnya pemahaman masyarakat mengenai cara penggunaan aplikasi KAI Access, sehingga bisa menyebabkan terjadinya gagal transfer. Cara menangani hambatan mengenai aplikasi KAI Access ini yaitu dengan memberikan brosur/pamflet alur penggunaan aplikasi KAI Access kepada para pelanggan yang ada di Stasiun Semarang Poncol. Menangani permasalahan gagal transfer dapat diatasi dengan cara mengubah sistem pengembalian uang refund dari transfer menjadi tunai di loket stasiun. Saran pada penelitian ini, diperlukan perbaikan jaringan aplikasi KAI Access dan komunikasi yang baik antara petugas pelayanan pelanggan dengan kantor PT. KAI (Persero) serta pihak channel external. Kata Kunci: Sistem, reservasi, pelayanan vii ABSTRACT Tittle : Online Ticket Reservation and Train Service System at PT. KAI (

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Marketing
ID Code:76122
Deposited By:Perpustakaan Fisip
Deposited On:16 Sep 2019 14:22
Last Modified:16 Sep 2019 14:22

Repository Staff Only: item control page