Pengaruh Terpaan Iklan Bukalapak di Televisi dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian di Situs Jual Beli online Bukalapak.

Muhammad , Adrian Reynald Sukma Adhy (2019) Pengaruh Terpaan Iklan Bukalapak di Televisi dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian di Situs Jual Beli online Bukalapak. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
826Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1314Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
6Mb
[img]
Preview
PDF - Published Version
163Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
84Kb

Abstract

Beriklan di televise dan promosi penjualan merupakan strategi pemasaran yang saat ini banyak dipilih oleh perusahaan e-commerce untuk menarik konsumen bertransaksi, salah satunya adalah Bukalapak yang pada tahun 2018 memilki belanja iklan televise tertinggi dan kerap melakukan promosi penjualan. Namun, Bukalapak belum berhasil meraih posisi teratas sebagai situs jual beli online yang dipilih oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian di situs jual beli online Bukalapak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah advertising exposure theory dan behavioral learning theory. Teknik sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden dengan karakterisitik pria-wanita yang berdomisili di Kota Semarang mengetahui iklan Bukalapak serta mengetahui promosi penjualan Bukalapak. Analisis data yang digunakan dalam adalah uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terpaan iklan terhadap keputusan pembelian memiliki pengaruh yang signifikan, dimana nilai signifikansi yaitu 0,000 ≤0,05 yang berarti terdapat pengaruh terpaan iklan di televisi terhadap keputusan pembelian di Bukalapak dan koefisiensi arah regresi terpaan iklan Bukalapak di televisi sebesar 0.119 yang menunjukkan pengaruh yang positif dan variabel terpaan iklan di televisi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian yang cukup sebesar 47.6%. Selanjutnya, promosi penjualan terhadap keputusan pembelian juga memiliki perngaruh yang signifikan dimana nilai signifikansi yang kuat yaitu 0,000 ≤0,05 Artinya terdapat pengaruh terpaan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian di Bukalapak dan koefisiensi arah regresi terpaan promosi penjualan Bukalapak sebesar 0.223 yang menunjukan pengaruh yang positif dan Variabel terpaan promosi penjualan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian yang cukup baik sebesar 60,7%. Kata Kunci : Terpaan Iklan, Terpaan Promosi Penjualan, dan Keputusan Pembelian VII ABSTRACT Title: The Effect of Bukalapak Advertising on Television and Sales Promotion on

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:76073
Deposited By:Perpustakaan Fisip
Deposited On:16 Sep 2019 13:53
Last Modified:16 Sep 2019 13:53

Repository Staff Only: item control page