CAHAYA, MENTARI SORE (2019) Konstribusi Online Public Relations Tool Dalam Kegiatan Branding Image pada UMKM di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.
| PDF - Published Version 1254Kb | |
| PDF - Published Version 192Kb | |
| PDF - Published Version 654Kb | |
| PDF - Published Version 139Kb | |
| PDF - Published Version 11Kb | |
| PDF - Published Version 139Kb |
Abstract
Penelitian yang dilakukan di Kota Semarang ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi Online Public Relation dalam Kegiatan branding image UMKM di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif, kualitatif mendeskripsikan tentang “Kontrubusi Online Public Relation dalam Kegiatan Branding Image pada UMKM di Kota Semarang” dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pemilik UMKM di kota Semarang yang menggunakan media sosial untuk kepentingan promosi usahanya, yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara mendalam. Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, danuji keabsahan data.. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa para informan ini sudah aktif menggunakan media sosial sebagai alat branding pada UMKM milik masing-masing informan, mereka memiliki cara yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan UMKM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman ketiga informan dalam menjalankan usahanya dengan memanfaatkan media sosial yaitu para informan mengaku mendapatkan banyak manfaat setelah mereka dengan aktif memanfaatkan media sosial untuk kepentingan tempat usahanya, yaitu seperti dapat membangun kepercayaan pada benak konsumen, mampu membangun citra perusahaan yang baik kepada para konsumen, dapat memberikan informasi-informasi yang penting kepada para konsumen, mencakup lebih banyak masyarakat, dan dengan mudah dapat berkomunikasi secara langsung dengan para konsumen. Ketika para pemilik UMKM ini aktif mrenggunakan media sosial, seperti sering memposting produk dan juga membuat konten yang menarik perhatian dan konten yang berpengaruh baik pada citra perusahaan di benak konsumen tentu hal ini juga berdampak terhadap hasil dan pendapatan pada UMKM. Karena para konsumen menjadi lebih percaya pada brand tersebut, penasaran untuk mencoba produk yang dijual oleh UMKM tersebut. Kesimpulannya adalah menurut para pemilik UMKM, media sosial dinilai sangat bermanfaat dalam kontribusi kegiatan PR Branding Image suatu UMKM. Penggunaan media sosial juga banyak memberikan manfaat, dalam hal branding terutama, kemudian juga sebagai media promosi yang mudah dan tidak mahal. Dan sebagai alat berkomunikasi dengan para konsumennya. .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 76046 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 05 Sep 2019 09:12 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 14:51 |
Repository Staff Only: item control page