Santri Gayeng: Sebuah Mesin Politik Alternatif Melalui Pendekatan Marketing Politik Dalam Pemilukada Jawa Tengah 2018 (Studi Kasus Strategi Pemenangan di Kabupaten Rembang)

Finky , Ariandi (2019) Santri Gayeng: Sebuah Mesin Politik Alternatif Melalui Pendekatan Marketing Politik Dalam Pemilukada Jawa Tengah 2018 (Studi Kasus Strategi Pemenangan di Kabupaten Rembang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
385Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
414Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
468Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
576Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
150Kb

Abstract

Peneliti berusaha untuk mengkaji strategi marketing politik Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimun Zubair guna mengatasi penurunan suara di Kabupaten Rembang akibat konflik yang terjadi antara Ganjar Pranowo dengan masyarakat Kabupaten Rembang berdasarkan penerbitan izin pendirian pabrik semen milik PT Semen Indonesia. Terpilihnya Taj Yasin Maimun Zubair yang merupakan kader dari PPP dapat menjadi faktor penunjang guna menaikkan suara di Kabupaten Rembang, yang dapat dilihat dari kekuatan PPP di Kabupaten Rembang dan penggunaan jaringan relasi antara Taj Yasin Maimun Zubair dengan kaum santri yang dibentuk menjadi relawan “Santri Gayeng” sebagai mesin politik alternatif guna memenangkan Pemilukada Jawa Tengah 2018, khususnya di Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang mencoba menggambarkan kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan serta melakukan analisis secara cermat dalam mengamati fenomena yang dijumpai, bertujuan untuk mengetahui secara mendalam dan detail mengenai suatu kasus strategi pemenangan menggunakan pendekatan marketing politik yang terdapat di suatu daerah. Penelitian ini menemukan bahwa strategi berdasarkan marketing politik guna memenangi Pemilukada Jawa Tengah 2018 telah diterapkan dengan optimal yang berdampak pada kenaikkan hasil perolehan suara dan kemenangan di Jawa Tengah maupun di Kabupaten Rembang. Penelitian ini juga menemukan bahwa pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimun Zubair beserta tim pemenangan berhasil membuat mesin politik alternatif dimana pendekatan berdasarkan pemanfaatan sumberdaya jaringan yang dimiliki, dalam hal ini kaum santri yang dinamakan relawan “Santri Gayeng” menjadi mesin politik alternatif yang efektif guna memenangkan pasangan tersebut dimana dapat menjadi rujukan strategi yang baru bagi tim pemenangan menggunakan strategi marketing politik tersebut. Terdapat beberapa saran yang diberikan oleh peneliti mengenai strategi marketing politik yang dilakukan oleh Tim Pemenangan Ganjar-Yasin dan relawan Santri Gayeng bersumber dari temuan-temuan peneliti yaitu perlunya pembentukan dan pembuatan legal formal relawan Santri Gayeng dimana Santri Gayeng akan menjadi partner Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai penyambung dan penyampai aspirasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan masyarakat. Lalu perlunya penggunaan mesin politik yang baru sebagai alternatif kekuatan diluar partai politik untuk memenangkan pemilu dalam hal ini pemanfaatan kekuatan Santri Gayeng sebagai mesin politik dan kampanye yang dianggap efektif dalam memenangkan Pemilukada Jawa Tengah tahun 2018. Kata kunci: Marketing Politik, Pemilukada Jawa Tengah, Santri Gayeng

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:76036
Deposited By:Perpustakaan Fisip
Deposited On:05 Sep 2019 09:11
Last Modified:05 Sep 2019 09:11

Repository Staff Only: item control page