Laporan Tugas Akhir PERENCANAAN DETAIL ENGINEERING DESIGN (DED) SISTEM PENYALURAN AIR LIMBAH DOMESTIK KELURAHAN NGESREP – SUMURBOTO KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Angielica, Maria Alvina and Oktiawan, Wiharyanto and Hadiwidodo, Mochtar (2019) Laporan Tugas Akhir PERENCANAAN DETAIL ENGINEERING DESIGN (DED) SISTEM PENYALURAN AIR LIMBAH DOMESTIK KELURAHAN NGESREP – SUMURBOTO KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
65Kb

Abstract

ABSTRAK Perencanaan Detail Engineering Design (DED) Sistem Penyaluran Air Limbah Domestik di Kelurahan Ngesrep – Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang Maria Alvina A, Wiharyanto Oktiawan, Mochtar Hadiwidodo Sistem penyaluran air limbah yang ada di Kelurahan Ngesrep dan Sumurboto umumnya dilakukan dengan sistem setempat dengan menggunakan tangki septik milik pribadi untuk black water sedangkan grey water mengalir pada saluran drainase. Kelurahan Ngesrep dan Sumurboto memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi yaitu mencapai angka 6.129/km^2 dan 12.571/km^2. Namun Kelurahan Ngesrep hanya memiliki 3 IPAL USRI dengan layanan 142 KK sedangkan Sumurboto belum memiliki IPAL USRI. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan air limbah domestik pada kedua kelurahan ini tidak merata, maka dibutuhkan sistem penyaluran air limbah domestik yang melayani daerah yang cukup besar. Shallow Sewer merupakan sistem penyaluran yang cocok bagi kedua kelurahan ini dikarenakan sistem ini baik untuk wilayah dengan tipe perumahan teratur dan pemanen serta dapat diterapkan pada berbagai kemiringan. Perencanaan ini didesain untuk melayani 21.853 jiwa dengan debit puncak rencana sebesar 65,779 liter/detik. Self cleaning velocity merupakan salah satu syarat yang harus diperhatikan dalam mendesain sistem penyaluran agar aliran air limbah lancar. Setelah merencanakan sistem perpipaan, direncanakan pula bangunan pelengkap seperti rumah pompa, manhole, sambungan pipa, dan lain-lain. Perencanaan ini terdapat 3 titik pemompaan dimana salah satu titik membutuhkan suatu jembatan pipa untuk perlintasan drainase. RAB bagi pembangunan sistem penyaluran air buangan domestik Kelurahan Ngesrep dan Kelurahan Sumurboto Rp. 38.475.355.000,00 dan biaya operasi dan maintenance yang dibutuhkan sistem penyaluran ini sebesar Rp 32.601.000,00 per bulan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:75997
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:03 Sep 2019 10:18
Last Modified:03 Sep 2019 10:18

Repository Staff Only: item control page