Mutiara , Fitri (2019) PEMBERIAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK BERBASIS COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION DI PEMKOT PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.
| PDF - Published Version 532Kb | |
| PDF - Published Version 93Kb | |
| PDF - Published Version 122Kb | |
| PDF - Published Version 1654Kb | |
| PDF - Published Version 346Kb | |
| PDF - Published Version 1107Kb |
Abstract
Pelayanan informasi publik merupakan salah satu kewajiban penting yang harus disediakan oleh setiap instansi baik pemerintah maupun non pemerintah dalam rangka transparansi, akuntabilitas, dan pengelolaan pemerintahan yang semakin baik di Indonesia. Hal ini diatur dalam Undang-undang keterbukaan informasi publik Nomor 14 tahun 2008. Kegiatan pemberian pelayanan informasi publik ini merupakan bagian dari penunjang kegiatan PPID (Pejabat Pegelola Informasi dan Dokumentasi) di Sekretariat Daerah Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penambahan alat berupa kuesioner sebagai penunjang dalam penelitian. Penelitian ini membahas mengenai Pemberian Pelayanan Informasi Publik Berbasis Computer Mediated Comunication (CMC) di Pemkot Pekalongan. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik dalam pemberian pelayanan informasi publik berbasis Computer Mediated Communications (CMC) yang ada di Pemkot Pekalongan melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter, youtube serta website Pemkot Pekalongan sudah dapat dimaksimalkan sesuai dengan standar yang ada. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam melalui kabag (kepala bagian) humas Pemkot Pekalongan dan staf humas Pemkot Pekalongan, serta penyebaran kuesioner kepada masyarakat pengguna media sossial. Dapat disimpulkan bahwa praktik pemberian pelayanan informais publik bebrbasis Computer Mediated Communication (CMC) di pemkot Pekalongan belum dapat berjalan secara maksimal. Penelitian ini beragumen ada beberapa faktor utama yang menghambat dalam memaksimalkan pemberian pelayanan informasi tersebut yaitu masih terbatasnya personil atau anggota untuk mengelola media sosial tersebut agar menjadi lebih efektif, lambatnya respon terhadap pertanyaan yang masuk dari masyrakat, rendahnya kreatifitas dalam merancang konten dalam menciptakan interaktivitas dalam media sosial, serta Update informasi yang tidak konsisten dan hanya berfokus ke beberapa media sosial. Kata Kunci : Pelayanan Informasi Publik, CMC, Praktik, media sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations |
ID Code: | 75970 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 02 Sep 2019 14:28 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 14:28 |
Repository Staff Only: item control page