Proses Pembuatan Rencana Strategis (Renstra) Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi DKI Jakarta Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Tahun 2013

Muhammad , Isaldi Wicaksono (2017) Proses Pembuatan Rencana Strategis (Renstra) Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi DKI Jakarta Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Tahun 2013. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
90Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
118Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
126Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
270Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
37Kb

Abstract

Rencana strategis merupakan dokumen perencanaan yang dijadikan pedoman untuk mencapai tujuan organisasi dalam jangka panjang. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini: Bagaimana proses pembuatan rencana strategis? Bagaimana proses penetapan rencana anggaran? Apakah kendala dan masalah yang dihadapi dalam proses pembuatan rencana strategis? Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana proses pembuatan rencana strategis dan memahami bagaimana penetapan rencana anggaran. Selain itu, untuk mencari tahu kendala dan masalah yang dihadapi Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi DKI Jakarta dalam pembuatan rencana strategis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pimpinan beserta staf Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan dua teknik dalam pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Dalam menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan menggunakan teori perencanaan strategis sebagai salah satu proses formal untuk membantu organisasi dalam mempertahankan posisi yang optimal dengan berbagai elemen penting dari lingkungan tersebut. Kemudian teori anggaran digunakan sebagai satu kesatuan dari proses perencanaan strategis. Objek penelitian adalah Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi DKI Jakarta tahun 2013. Hasil penelitian menunjukan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi DKI Jakarta telah berhasil membuat dokumen rencana strategis dengan baik karena telah memenuhi segala aspek dari proses pembuatan rencana strategis. Dalam hal penetapan anggaran juga tidak ditemukan masalah karena program dan kegiatan sesuai dengan rencana strategis. Namun, masalah yang dihadapi dalam proses pembuatan rencana strategis adalah kuantitas dan kualitas sumber daya manusia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Government Finance
ID Code:75949
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:29 Aug 2019 13:45
Last Modified:29 Aug 2019 13:45

Repository Staff Only: item control page