PENGARUH PAPARAN MEDIA VIDEO GANGGUAN AKIBAT KEKURANGAN IODIUM (GAKI)TERHADAP KOMPETENSI GIZI SISWA SD DI WILAYAH REPLETE GAKI(Studi pada Siswa SDN Bumiharjo Kabupaten Magelang Tahun 2019)

AFIFA, FAQIHATIN (2019) PENGARUH PAPARAN MEDIA VIDEO GANGGUAN AKIBAT KEKURANGAN IODIUM (GAKI)TERHADAP KOMPETENSI GIZI SISWA SD DI WILAYAH REPLETE GAKI(Studi pada Siswa SDN Bumiharjo Kabupaten Magelang Tahun 2019). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) merupakan masalah gizi yang berdampak terhadap tingkat kecerdasan dan gangguan mentaI yang faktor resikonya pada anak SD. Wilayah yang pernah menjadi endemis GAKI kemudian telah membaik dikatakan sebagai wilayah replete GAKI. Kompetensi seorang anak dinilai dari 3 aspek yaitu kompetensi pengetahuan, sikap serta keterampilan/praktik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh paparan media Video GAKI terhadap Kompetensi gizi siswa SD di wilayah Replete.Jenis penelitian ini merupakan Quashy Eksperimental dengan rancangan pretest-posttest one group design dan pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling .populasi yang diteliti ada 1 sekolah dasar dengan jumlah siswa 141 yang ada di wilayah replete GAKI dan sampel yang diambil adalah 33 siswa kelas IV dan V. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perubahan skor pengetahuan dan sikap sebesar 15,38, perubahan skor untuk praktik konsumsi iodium sebesar 23,03 sedangkan perubahan skor untuk kompetensi gizi yang meliputi pengetahuan sikap dan praktik konsumsi iodium sebesar 17,81. Perbedaanan antara pengetahuan, sikap, praktik konsumsi iodium serta kompetensi gizi siswa sebelum dan sesudah intervensi (p<0,05) menunjukkan terdapat perbedaan.Analisis data menggunakan paired t-test dan Wilcoxon signed rank test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kesehatan melalui video berpengaruh pada pengetahuan, sikap, praktik konsumsi iodium serta kompetensi gizi siswa Kata Kunci: GAKI, Video, Kompetensi Gizi, Siswa SD

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:75938
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:29 Aug 2019 11:18
Last Modified:29 Aug 2019 11:18

Repository Staff Only: item control page