FAKTOR PSIKOSOSIAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP ORANG DENGAN HIV/AIDS (STUDI DI KLINIK VCT RSUD DR R KOESMA TUBAN)

WULANSARI, OLIVIA DEWI (2019) FAKTOR PSIKOSOSIAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP ORANG DENGAN HIV/AIDS (STUDI DI KLINIK VCT RSUD DR R KOESMA TUBAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Kualitas hidup merupakan indikator keberhasilan program pengobatan HIV/AIDS, dan erat kaitanya dengan morbiditas dan mortalitas sehingga penting diperhatikan. Penelitian kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS di Kabupaten Tuban belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor psikososial yang berhubungan dengan kualitas hidup ODHA di RSUD dr R Koesma Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di RSUD dr R Koesma Tuban dengan jumlah responden 81 orang dengan HIV/AIDS dengan metode total sampling. Uji menggunakan korelasi pearson ,rank spearman, mann whitney dan kruskall wallis. Hasil penelitian menunjukan faktor psikososial yang berhubungan dengan kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS, yaitu tingkat pendidikan (p= 0,001; r=0,428), lama menderita (p=0,001; r=0,381), status depresi (p=0,001; r=-0,708), dan kepatuhan pengobatan (p=0,041; r=0,228). Kesimpulan dari penelitian adalah tingkat pendidikan, lama menderita, status depresi dan kepatuhan pengobatan adalah faktor psikososial yang berhubungan dengan kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS Kata Kunci: Hidup, ODHA, HIV/ AIDS, Psikososial, Kepatuhan Pengobatan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:75935
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Aug 2019 11:09
Last Modified:29 Aug 2019 11:09

Repository Staff Only: item control page