Hubungan Terpaan Iklan Blibli.com di Televisi dan Rekomendasi Peer Group dengan Minat Beli Produk Melalui Situs Jual Beli Online Blibli.com

Arya , Pandika (2018) Hubungan Terpaan Iklan Blibli.com di Televisi dan Rekomendasi Peer Group dengan Minat Beli Produk Melalui Situs Jual Beli Online Blibli.com. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
473Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
791Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
611Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
359Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
183Kb

Abstract

Internet tidak hanya membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, namun dunia bisnis turut serta terbantu dengan transaksi online atau biasa disebut dengan e-commerce. Dengan belanja iklan mencapai 12,7 miliar sudah sangat menjelaskan keunggulan Blibli.com kepada konsumen. Namun hal tersebut tidak membuat Blibli.com menjadi e-commerce yang paling diminati di Indonesia. Sebelum calon konsumen memutuskan untuk memulai suatu tindakan, banyak hal yang mempengaruhinya, salah satunya adalah interaksi dengan peer group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara terpaan iklan Blibli.com di televisi dan rekomendasi peer group dengan minat beli produk melalui situs jual beli online Blibli.com. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksplanatori. Peneliti menggunakan teknik non random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan usia 20 - 25 tahun di Semarang yang telah terterpa iklan Blibli.com di televisi. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis korelasi Kendall’s tau_b, menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara variabel terpaan iklan Blibli.com di televisi dengan minat beli, tidak ditemukannya hubungan antara variabel tersebut karena nilai signifikansinya lebih besar dari 0.05, yaitu sebesar 0.128. Tidak terdapatnya hubungan antara terpaan iklan Blibli.com di televisi dengan minat beli produk melalui situs jual beli online Blibli.com dapat dijelaskan dengan teori Proses Selektif Media Massa. Teori Proses Selektif Media Massa menjelaskan bahwa sebelum seseorang mempercayai informasi yang diterimanya, terdapat proses seleksi terhadap informasi tersebut berdasarkan kepercayaan atau keyakinan yang dimilikinya. Namun peneliti menemukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel rekomendasi peer group dengan minat beli produk melalui situs jual beli online Blibli.com dengan nilai korelasi sebesar 0.31. Yang berarti semakin tinggi rekomendasi yang diterima seseorang dari peer group-nya, maka semakin tinggi minat beli produk melalui situs jual beli online Blibli.com begitu pula sebaliknya. Dengan hasil tersebut, peneliti menyarankan Blibli.com untuk lebih menggunakan peer group sebagai media promosi. Seperti memberikan referral link yang dapat di-share ke peer groupnya untuk mendapatkan promo – promo tertentu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:75899
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Aug 2019 10:10
Last Modified:28 Aug 2019 10:10

Repository Staff Only: item control page