Pengaruh Terpaan Berita Hoax dan Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pemberitaan Televisi Berita Terhadap Intensitas Menonton Televisi Berita

Albert , Ghana Pratama (2018) Pengaruh Terpaan Berita Hoax dan Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pemberitaan Televisi Berita Terhadap Intensitas Menonton Televisi Berita. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
781Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
407Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
443Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
174Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
150Kb

Abstract

Penyebaran hoax yang terjadi di rentang tahun 2016 -2018 berdampak dalam banyak bidang dan membuat literasi media masyarakat untuk bisa menyaring informasi yang diterimanya menjadi sangat rendah. Di saat yang sama, indeks kualitas berita yang dirilis oleh KPI menilai bahwa televisi berita dianggap belum mampu menampilkan kualitas pemberitaan terbaiknya karena kualitasnya masih di bawah standar. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara terpaan berita hoax dan persepsi masyarakat tentang kualitas pemberitaan televisi berita terhadap intensitas menonton televisi berita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksplanatori. Penelitian ini mengunakan teknik non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang dengan usia 17-60 tahun di seluruh Indonesia yang pernah terpapar berita hoax dan menonton televisi berita Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara terpaan berita hoax dan persepsi masyarakat tentang kualitas pemberitaan televisi berita terhadap intensitas menonton televisi berita, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,478 > (α) = 0,05. Dengan hasil tersebut disarankan kepada pemegang kebijakan seperti KPI dan pemilik media dan peneliti selanjutnya untuk tidak hanya berfokus pada pemberantasan hoax, namun untuk bisa meningkatkan literasi media masyarakat. Selain itu, bagi perusahaan media untuk bisa melakukan riset dan investasi pada alternatif-alternatif penyebaran informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:75895
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Aug 2019 09:56
Last Modified:28 Aug 2019 09:56

Repository Staff Only: item control page