Tinjauan beberapa model mekanistik tingkat konsumsi bahan bakar untuk diterapkan pada program simulator mengemudi hemat energi smart driving

Priangkoso, Tabah and SINAGA , Nazaruddin (2011) Tinjauan beberapa model mekanistik tingkat konsumsi bahan bakar untuk diterapkan pada program simulator mengemudi hemat energi smart driving. In: Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke-2 Tahun 2011, June 2011, Semarang, Indonesia.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

105Kb

Official URL: https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PR...

Abstract

Program mengemudi Smart Driving merupakan simulator pelatihan mengemudi hemat energi. Program membutuhkan model yang memungkinkan simulator merepresentasikan kenyataan. Model mekanistik banyak digunakan untuk memperkirakan konsumsi bahan bakar kendaraan. Model mekanistik memperkirakan konsumsi bahan bakar sebanding dengan gaya-gaya yang melawan gerak kendaraan. Faktor yang paling menentukan besarnya konsumsi bahan bakar pada suatu pengendaraan adalah perilaku berkendaraan. Paper mengases tiga model mekanistik konsumsi bahan bakar kendaraan, yaitu aaMOTION, PERE (Physical Emission Rate Estimator), dan HDM-4 (Highway and Development Management-4 untuk melihat kemungkinan penerapan model pada program. Ketiga model tidak memuat seluruh perilaku berkendaraan. aaMOTION dan HDM-4 tidak memasukkan perilaku posisi gigi, sedangkan PERE tidak memperhitungkan perilaku stasioner ke dalam model. Sebagai model, ketiganya telah memenuhi syarat sebagai model mekanistik dan dapat digunakan sesuai kebutuhan penggunanya, namun masih memerlukan penyempurnaan untuk digunakan sebagai model dalam program.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:model mekanistik, perilaku berkendaraan, konsumsi bahan bakar
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:75886
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Aug 2019 20:01
Last Modified:27 Aug 2019 20:01

Repository Staff Only: item control page