Hubungan Intensitas Sosialisasi Pencegahan Hiv/Aids Dan Persepsi Tentang Kredibilitas Konselor Terhadap Sikap Mendukung Ibu Rumah Tangga Mengenai Pencegahan HIV/AIDS di Kabupaten Banjarnegara.

Ainani , Shifa Izazi (2019) Hubungan Intensitas Sosialisasi Pencegahan Hiv/Aids Dan Persepsi Tentang Kredibilitas Konselor Terhadap Sikap Mendukung Ibu Rumah Tangga Mengenai Pencegahan HIV/AIDS di Kabupaten Banjarnegara. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
198Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
314Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
364Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
78Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

HIV/AIDS merupakan salah satu penyakit menular yang penderitanya terus meningkat dari tahun ke tahun termasuk di Kabupaten Banjarnegara. Peningkatan di Kabupaten Banjarnegara sendiri mencapai 85% hingga tahun 2018 dan ibu rumah tangga berada di urutan kedua dengan jumlah kasus tertinggi. Sehingga perlu di adakannya pencegahan agar infeksi penyakit ini tidak meluas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah intensitas sosialisasi dan persepsi mengenai kredibilitas konselor dapat mempengaruhi sikap mendukung ibu rumah tangga terhadap pencegahn HIV/AIDS. Beberapa teori yang digunakan untuk acuan dalam penelitian ini antara lain information-integration theory, communication competency theory, Source of credibility theory. Tipe penelitian yang dipakai adalah explanatory yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variable yang diteliti dengan melakukan pengujian hipotesa menggunakan rumus koefisien dan Kendall Tau-B. Melalui penelitian ini di ketahui tidak terdapat hubungan antara intensitas sosialisasi dan sikap ibu rumah tangga terhadap pencegahan HIV/AIDS. Ini berarti sosialisasi yang dilaksanakan hanya memberi sedikit pengetahuan atau hanya memberi sedikit efek pada kognisi, namun tidak sampai pada keputusan atau sikap. Sedangkan hubungan antara persepsi mengenai kredibilitas konselor dan sikap ibu rumah tangga memiliki hubungan yang sangat signifikan dan kuat. Hal ini berarti responden sangat mempercayai konselor HIV sebagai orang yang benar-benar kredibel dan berperan penting dalam menangani dan mencegah, HIV/AIDS di Kabupaten Banjarnegara. Kata kunci: Intensitas Sosialisasi, Persepsi Kredibilitas Konselor, HIV/AIDS, Ibu ruma tangga, sikap.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:75865
Deposited By:Mr/mrs Fisip Undip
Deposited On:28 Aug 2019 11:15
Last Modified:28 Aug 2019 11:15

Repository Staff Only: item control page