HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN SELF-HANDICAPPING PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR

Hasiholan Fernando, Hasiholan, F and Kustanti Erin Ratna, Kustanti, E.R (2019) HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN SELF-HANDICAPPING PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
317Kb

Abstract

ABSTRAK Tugas akhir merupakan salah satu syarat yang harus diselesaikan mahasiswa Teknik Mesin Undip untuk dapat meraih gelar sarjana, selama proses pengerjaannya banyak tantangan dan kesulitan yang dialami sehingga meningkatkan kemungkinan munculnya self-handicapping. Self-handicapping merupakan perilaku negatif yang bertujuan melindungi harga diri dari kegagalan yang mungkin akan terjadi. Sebaliknya, dengan peningkatan self-compassion individu akan lebih peduli dengan dirinya, lebih mengasihi diri sendiri dan memahami bahwa setiap masalah dan tantangan dapat membawa dampak positif dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan self-handicapping pada mahasiswa Teknik Mesin Undip yang sedang mengerjakan tugas akhir. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 139 mahasiswa Teknik Mesin Undip yang terdiri dari angkatan 2015 dan 2014 yang sedang mengerjakan tugas akhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Skala Self-Compassion (29 aitem, α = 0,905) dan Skala Self-Handicapping (41 aitem, α = 0,940). Analisis Spearman’s Rank menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self-compassion dengan self-handicapping (rxy = -0,619 dan p = 0,000). Semakin tinggi self-compassion maka akan semakin rendah self-handicapping dan begitu sebaliknya. Kata kunci : self-compassion, self-handicapping, mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:75859
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Aug 2019 14:22
Last Modified:27 Aug 2019 14:22

Repository Staff Only: item control page