Pelatihan teknik mengemudi smart driving untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dan menekan biaya transportasi angkutan darat

SINAGA , Nazaruddin (2013) Pelatihan teknik mengemudi smart driving untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dan menekan biaya transportasi angkutan darat. In: Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XII (SNTTM XII) , 23-24 Oct 2013, Bandar Lampung, Indonesia.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

839Kb

Official URL: http://prosiding.bkstm.org/prosiding/seminar/2013

Abstract

Energi dan emisi gas rumah kaca saat ini menjadi topik yang hangat dibicarakan di dunia dan juga menjadi masalah penting bangsa Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat dan menurunkan emisi gas rumah kaca di sektor transportasi adalah dengan meningkatkan efisiensi berkendaraan. Sesuai dengan kebijakan yang tertuang di dalam Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca, salah satu teknik yang diterapkan di Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca di sektor transportasi adalah dengan pelatihan dan sosialisasi Smart Driving. Teknik ini pada dasarnya adalah sebuah metoda berkendaraan yang lebih efisien, ramah lingkungan, selamat, nyaman, beretika dan bermartabat. Di dalam makalah ini dibahas beberapa hal terkait dengan materi pelatihan teknik dan peralatan Smart Driving beserta hasil dan analisisnya yang telah dilaksanakan selama 4 tahun di kota Semarang, Tegal dan Bandung. Pelatihan ini ditujukan bagi pengemudi kendaraan dan calon instruktur Smart Driving. Peserta yang telah dilatih terdiri dari pengemudi taxi, angkutan kota, bus, kendaraan dinas pemerintah, mobil pribadi serta PNS di lingkungan Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan. Hasil utama program pelatihan ini adalah para peserta dapat memahami dan melaksanakan teknik mengemudi Smart Driving, yang dibuktikan dengan adanya penurunan tingkat konsumsi bahan bakar dibandingkan antara sesebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Peningkatan pemahaman teknik mengemudi ini juga dibuktikan dari perbandingan hasil tes pengetahuan teori mengemudi antara sebelum pelatihan dan setelah mengikuti pelatihan. Dari seluruh program pelatihan yang telah dilaksanakan didapatkan penurunan tingkat konsumsi bahan bakar yang cukup besar, tergantung dari karakter peserta pelatihan, yaitu bisa mencapai sekitar 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan pula bahwa program pelatihan dan sosialisasi teknik mengemudi Smart Driving ini dapat menekan tingkat emisi gas rumah kaca secara signifikan sekaligus menurunkan konsumsi bahan bakar serta beban subsidi bahan bakar minyak.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Smart Driving, gas rumah kaca, efisiensi, transportasi, kendaraan
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:75836
Deposited By:Mr Nazaruddin Sinaga
Deposited On:27 Aug 2019 10:12
Last Modified:28 Aug 2019 18:41

Repository Staff Only: item control page