Hubungan antara Emotional Labor dengan Psychological Well-Being pada Pegawai Negeri Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta

Satria, Ismail Fajar and Nurtjahjanti, Harlina (2019) Hubungan antara Emotional Labor dengan Psychological Well-Being pada Pegawai Negeri Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
402Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara emotional labor dengan psychological well-being pada pegawai negeri sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta. Emotional labor adalah upaya positif oleh pegawai negeri sipil untuk melakukan pengelolaan emosi sebagai respon dari tuntutan pekerjaan memberikan pelayanan terbaik. Psychological well-being adalah penilaian individu terhadap dirinya sendiri yang memiliki fungsi psikologi positif ditandai dengan penerimaan diri, hubungan yang positif dengan orang lain, memiliki tujuan hidup, otonomi, penguasaan lingkungan, dan pengembangan diri. Penelitian ini dilakukan kepada 80 pegawai negeri sipil yang terdiri dari 35 responden laki-laki, 55 responden perempuan. Responden memiliki rata-rata usia 26-30 tahun, pendidikan terakhir S2 6 orang, S1 37 orang, D3 25 orang dan SMA/SMK 11 orang. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala emotional labor (22 aitem, α= 0,913) dan Skala psychological well-being (26 aitem, α= 0, 923). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil dari analisis ini adalah rxy = 0,537, p= 0,000 (p<0,05), R2= 0,288, F= 31,573, dan β= 0,537. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara emotional labor dengan psychological well-being pada pegawai negeri sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta. Sumbangan efektif emotional labor terhadap psychological well-being sebesar 28,8%, sedangkan sisanya merupakan faktor lain yang tidak diungkap pada penelitian ini. kata kunci: emotional labor, psychological well-being, pegawai negeri sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:75829
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:27 Aug 2019 14:33
Last Modified:27 Aug 2019 14:33

Repository Staff Only: item control page