HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-MONEY PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Ulayya, Syifa and Mujiasih, Endah (2019) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-MONEY PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
338Kb

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk memahami hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pengguna e-money mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Kontrol diri merupakan kemampuan individu untuk mengatur serta mengendalikan perilaku dari dalam diri yang tidak diinginkan sehingga mampu menahan tingkah laku impulsif dan mengarahkan kepada konsekuensi positif Perilaku konsumtif merupakan dorongan membeli suatu barang secara berlebihan tanpa pertimbangan yang rasional dan hanya berdasarkan pada keinginan sesaat. Populasi penelitian ini berjumlah 860 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dengan sampel 221 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kontrol Diri (29 aitem, α = 0,93) dan Skala Perilaku Konsumtif (33 aitem α = 0,94). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan nilai rxy = -0,869 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Kontrol Diri memberikan sumbangan efektif sebesar 75,3% dalam memprediksi perilaku konsumtif, sisanya sebesar 24,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:75827
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Aug 2019 14:34
Last Modified:27 Aug 2019 14:34

Repository Staff Only: item control page