HUBUNGAN ANTARA PERSON-ORGANIZATION FIT DAN INTENSI TURNOVER PADA GENERASI Y DI PERUSAHAAN START-UP FINANCIAL TECHNOLOGY JAKARTA

Ferrina, Carla and Ratnaningsih, Ika Zenita (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSON-ORGANIZATION FIT DAN INTENSI TURNOVER PADA GENERASI Y DI PERUSAHAAN START-UP FINANCIAL TECHNOLOGY JAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
131Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Person-Organization Fit dengan Intensi Turnover pada generasi Y di perusahaan start-up financial technology. Intensi turnover merupakan niat atau pemikiran seorang individu untuk keluar dari organisasinya secara permanen baik secara sukarela maupun tidak sukarela. Person-organization fit merupakan kecocokan antara nilai individu dengan organisasi. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 328 karyawan generasi Y di PT X dengan sampel sebanyak 103 karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Person-Organization Fit (20 aitem, α = 0,907) dan skala Intensi Turnover (35 aitem, α = 0,949). Analisis data menggunakan regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara Person-Organization Fit dengan Intensi Turnover (rxy = -0,438 dan p = 0,000 (p<0,005)). Person-organization fit memberikan sumbangan efektif sebesar 19,2% dalam mempengaruhi intensi turnover dan 80,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:75820
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Aug 2019 10:44
Last Modified:27 Aug 2019 10:44

Repository Staff Only: item control page