HUBUNGAN ANTARA ORGANIZATIONAL JUSTICE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA SEKRETARIAT JENDRAL DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA (DPD RI)

Wirandika, Indra Dwi and Siswati, Siswati (2019) HUBUNGAN ANTARA ORGANIZATIONAL JUSTICE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA SEKRETARIAT JENDRAL DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA (DPD RI). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
163Kb

Abstract

Pegawai merupakan unsur yang penting dalam sebuah lembaga. Pegawai dituntut untuk dapat memenuhi perilaku yang sesuai dengan tugas yang ditentukan (in role), tetapi lembaga juga menginginkan pegawai berperilaku kerja positif di luar tanggung jawab formal (extra role). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Organizational Justice dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jendral Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Organizational Justice ialah persepsi mengenai perlakuan adil yang didapatkan para pegawai baik itu dilakukan oleh atasan maupun rekan kerja di tempat kerja. OCB adalah perilaku individu dalam bekerja di luar dari ekspektasi dan beban kerja yang diharapkan oleh organisasi serta sangat dibutuhkan di dalam organisasi. Penelitian ini dilakukan kepada 217 Pegawai negeri sipil Setjen DPD RI Jakarta dengan total populasi 500 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Organizational Justice (23 aitem, α= 0,873) dan Skala OCB (28 aitem, α=0,906). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil dari analisis ini adalah rxy= 0,482, p=0,000 (p<0,05), r2= 0,232, F=64.964, dan β=0,482. Hasil ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara Organizational Justice dengan OCB sumbangan efektif sebesar 23,2%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh fakor lain yang tidak diungkap pada penelitian ini. Kata kunci: organizational justice, organizational citizenship behavior, pegawai negeri sipil

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
ID Code:75812
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Sep 2019 13:42
Last Modified:19 Sep 2019 13:42

Repository Staff Only: item control page