Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Disiplin Madrasah pada Santri Kelas XI Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan

Mubarakah, Rumaisha Hanifah and Sakti, Hastaning (2019) Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Disiplin Madrasah pada Santri Kelas XI Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
192Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan disiplin madrasah pada santri kelas XI Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan yang membangun individu secara utuh untuk menghadapi dan memecahkan persoalan yang ada serta untuk menilai bahwa kehidupan ini lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. Disiplin madrasah adalah perilaku menjalankan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban dalam memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan yang ada di lingkungan madrasah sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Populasi dari penelitian ini berjumlah 580 santri putra dan putri kelas XI. Sampel penelitian ini berjumlah 221 santri yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan dua buah skala yaitu skala Kecerdasan Spiritual (21 aitem, α = 0,889) dan skala Disiplin Madrasah (21 aitem, α = 0,865). Hasil uji hipotesis menggunakan Spearman’s Rho menunjukkan bahwa koefisien korelasi pada penelitian ini sebesar rxy = 0,415 dengan p = 0.000 (p < 0,05), yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kecerdasan spiritual dengan variabel disiplin sekolah. Semakin tinggi kecerdasan spiritual maka semakin tinggi disiplin madrasah. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan spiritual maka semakin rendah pula disiplin madrasah. Kata kunci: disiplin madrasah, kecerdasan spiritual, santri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:75797
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:19 Sep 2019 13:44
Last Modified:19 Sep 2019 13:44

Repository Staff Only: item control page