SINAGA , Nazaruddin (2010) Pengaruh model turbulensi dan pressure-velocity copling terhadap hasil simulasi aliran melalui katup isap ruang bakar motor bakar. ROTASI, 12 (2). pp. 18-24. ISSN 1411-027X
| PDF - Published Version Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives. 479Kb |
Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/rotasi/arti...
Abstract
Kinerja dan efisiensi motor bakar sangat dipengaruhi oleh proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar. Proses pembakaran ini terkait erat dengan mekanisme aliran yang terjadi, yaitu turbulensi, swirl, squishing dan tubling. Mekanisme aliran yang terbentuk ini dipengaruhi oleh kondisi aliran pada saat udara atau campuran udara-bahan bakar memasuki ruang bakar melewati katup isap. Oleh karena itu perancangan katup isap memegang peranan penting dalam menentukan kinerja dan efisiensi motor bakar. Untuk dapat melakukan perancangan katup isap ini diperlukan program simulasi yang dapat memperkirakan proses pembaran yang terjadi pada berbagai rancangan katup. Tulisan yang disampaikan kali ini merupakan bagian awal dari penelitian tersebut., yang bertujuan untuk mencari model yang sesuai untuk diterapkan pada berbagai kasus. Dalam tulisan ini dilaporkan hasil verifikasi model yang digunakan dibandingkan dengan studi eksperimental yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Tiga model turbulensi dibandingkan, yaitu model k-ε standard, k-ε RNG dan k- ε realizable dengan pendekatan diskretisasi momentum first order dan second order upwind. Selain itu juga divariasikan tiga jenis pressure-velocity coupling discretization, yaitu SIMPLE, SIMPLEC, dan PISO. Dari penelitian ini diperoleh bahwa model turbulensi yang memberikan hasil terdekat dengan hasil eksperimen adalah model k-ε RNG dengan pressure velocity coupling PISO.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | katup isap, motor bakar, ruang bakar, turbulen, volume hingga, simulasi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
ID Code: | 75773 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 24 Aug 2019 15:42 |
Last Modified: | 24 Aug 2019 16:05 |
Repository Staff Only: item control page