HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PENGENDALIAN VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DENGAN PRAKTIK PENGGUNAAN INSEKTISIDA RUMAH TANGGA DI KELURAHAN TEMBALANG

SETIAWAN , DIDIK (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PENGENDALIAN VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DENGAN PRAKTIK PENGGUNAAN INSEKTISIDA RUMAH TANGGA DI KELURAHAN TEMBALANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Pengendalian vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan menggunakan insektisida rumah tangga masih dilakukan kurang tepat waktu dan sasaran. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait hubungan pengetahuan tentang pengendalian vektor dengan praktik penggunaan insektisida rumah tangga. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan metode cross-sectional melalui pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan tentang vektor, pengetahuan tentang insektisida rumah tangga, sikap terhadap penggunaan insektisida rumah tangga, praktik penggunaan insektisida rumah tangga, formulasi dan bahan aktif insektisida rumah tangga. Sampel penelitian ini diambil secara proporsional random sampling yang berjumlah 180 orang. Data diperoleh dari wawancara menggunakan kuesioner kepada responden. Analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95 %. Hasil penelitian menjukkan bahwa sebagian besar formulasi dan bahan aktif insektisida rumah tangga yang digunakan adalah semprot (36,3 %) dan Preletrin (21,0 %). Tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang vektor Demam Berdarah Dengue ( DBD) dengan praktik penggunaan insektisida rumah tangga (p=0,816>0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan insektisida rumah tangga (p=0,017<0,05) dan sikap terhadap penggunaan insektisida rumah tangga (p=0,000<0,05) dengan praktik pengunaan insektisida rumah tangga. Kesimpulan penelitian adalah praktik penggunaan insektisida rumah tangga berhubungan dengan pengetahuan tentang insektisida rumah tangga dan sikap terhadap penggunaan insektisida rumah tangga akan tetapi tidak berhubungan dengan pengetahuan tentang vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) Kata Kunci: Pengetahuan, Praktik, Pengendalian Vektor, Demam Berdarah Dengue (DBD)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:75763
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Aug 2019 16:01
Last Modified:23 Aug 2019 16:01

Repository Staff Only: item control page