ANALISIS KINERJA TENAGA PENDATAAN KUNJUNGAN RUMAH PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Puskesmas Manyaran dan Puskesmas Ngesrep)

ALAM, KAWIDIAN PUTRI BAYU (2019) ANALISIS KINERJA TENAGA PENDATAAN KUNJUNGAN RUMAH PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Puskesmas Manyaran dan Puskesmas Ngesrep). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Target Kota Semarang dalam melaksanakan pendataan kunjungan rumah harus mencapai 100% pada bulan April 2019. Namun kenyataannya masih terdapat 17 puskesmas yang belum mencapai 100%. Hal ini menunjukkan kinerja petugas pendataan kunjungan rumah yang belum optimal. Maka dari itu perlu adanya strategi puskesmas untuk memastikan kinerja petugas optimal dalam melaksanakan pendataan kunjungan rumah. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor psikologis, faktor organisasi dan faktor individu pada kinerja petugas dalam melaksanaan pendataan kunjungan rumah di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik dengan metode in-depth interview yang dipilih berdasar teknik purposive sampling. Subjek penelitian merupakan Kepala Koordinator PIS-PK dan Petugas Pendataan Kunjungan Rumah sebagai informan utama. Sedangkan informan triangulasi yaitu Kader Wilayah Puskesmas, Kepala Puskesmas dan Koordinator PIS-PK Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan kinerja petugas pendataan kunjungan rumah belum optimal karena masih terdapat hal-hal yang tidak sesuai prosedur. Faktor psikologis meliputi persepsi dan motivasi petugas dalam pelaksanaan kunjungan rumah sudah cukup baik. Faktor organisasi meliputi sumber daya, supervisi, kepemimpinan serta struktur dan desain dalam pelaksanaan kunjungan rumah belum baik. Masih terdapat tumpang tindih pembagian tugas sehingga kinerja petugas tidak optimal. Faktor individu meliputi kemampuan dan keterampilan petugas dalam pelaksanaan kunjungan rumah sudah baik Kata Kunci: kinerja petugas, pendataan kunjungan rumah, petugas PIS-PK

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:75753
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:23 Aug 2019 13:38
Last Modified:23 Aug 2019 13:38

Repository Staff Only: item control page