Hubungan Antara Kebersyukuran Dengan Resiliensi pada Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Saputra, Dony Agus and Fauziah, Nailul (2019) Hubungan Antara Kebersyukuran Dengan Resiliensi pada Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
184Kb

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KEBERSYUKURAN DENGAN RESILIENSI PADA MAHASISWA BIDIKMISI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG Dony Agus Saputra 15010115120057 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Donysaputra604@gmail.com ABSTRAK Resiliensi merupakan upaya yang dilakukan individu dalam menghadapi masalah dengan berusaha mencari titik temu dan menganalisis masalah untuk beradaptasi kemudian menentukan langkah yang lebih baik untuk bangkit dari permasalahan tersebut dan mencapai sebuah pencapaian. Kebersyukuran merupakan kesadaran individu terhadap apa yang telah diterima dengan ungkapan positif berupa rasa terima kasih yang ditujukan kepada sang pencipta dan juga perantaranya serta rasa menghargai terhadap peristiwa dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebersyukuran dengan resiliensi pada mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa penerima bidikmisi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro yang berjumlah 525 mahasiswa dan diperoleh dengan metode convenience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur skala kebersyukuran (39 aitem, α=0,922 ) dan skala resiliensi (38 aitem, α=0,928 ). Hasil pengolahan data menggunakan uji Spearman Rank diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,512 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kebersyukuran dengan resiliensi. Kata kunci : Resiliensi, Kebersyukuran, Mahasiswa, Bidikmisi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:75723
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:23 Aug 2019 10:00
Last Modified:23 Aug 2019 10:00

Repository Staff Only: item control page