HUBUNGAN ANTARA LEADER-MEMBER EXCHANGE (LMX) DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP RS ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG

Rakasiwi, Distarina and Ratnaningsih, Ika Zenita (2019) HUBUNGAN ANTARA LEADER-MEMBER EXCHANGE (LMX) DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP RS ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
172Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan empiris antara Leader-Member Exchange (LMX) dengan burnout pada perawat instalasi rawat inap RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Burnout merupakan kondisi psikologis yang ditandai dengan munculnya gejala kelelahan emosional, penarikan diri terhadap lingkungan, dan menurunnya kemampuan untuk menyelesaikan tugas dalam pekerjaan. Leader-Member Exchange merupakan penilaian bawahan terhadap kualitas interaksi dengan atasan sehingga tercipta perasaan sukarela untuk berkontribusi lebih bagi organisasi. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 174 perawat instalasi rawat inap RS Roemani Muhammadiyah Semarang dengan sampel sebanyak 114 perawat (Laki-laki = 29; Perempuan = 85; Usia = 24–53 tahun; Musia = 32 tahun). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian menggunakan dua skala model Likert, yaitu Skala Leader-Member Exchange (21 aitem, α = 0,995) dan Skala Burnout (27 aitem, α = 0,984). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara Leader-Member Exchange dengan burnout (rxy = -0,374 dan p = 0,000), dimana semakin tinggi Leader-Member Exchange, maka semakin rendah burnout, dan juga sebaliknya. Leader-Member Exchange memberikan sumbangan efektif (R2) sebesar 14% terhadap burnout.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:75639
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Aug 2019 13:54
Last Modified:20 Aug 2019 13:54

Repository Staff Only: item control page