PENGARUH PENAMBAHAN KOMBINASI TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera) DAN TEPUNG BAWANG PUTIH (Allium sativum) TERHADAP LEVEL KOLESTEROL, TRIGLISERIDA, LDL DAN HDL DARAH AYAM BROILER

HARDIANSYAH, ARGA and Sugiharto, Sugiharto and Isroli, Isroli (2019) PENGARUH PENAMBAHAN KOMBINASI TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera) DAN TEPUNG BAWANG PUTIH (Allium sativum) TERHADAP LEVEL KOLESTEROL, TRIGLISERIDA, LDL DAN HDL DARAH AYAM BROILER. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
116Kb
[img]
Preview
PDF
13Kb
[img]
Preview
PDF
40Kb
[img]
Preview
PDF
114Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

368Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun kelor (Moringa oleifera), tepung bawang putih (Allium sativum) dan kombinasi tepung daun kelor serta tepung bawang putih dalam ransum terhadap level kolesterol, trigliserida LDL dan HDL darah ayam broiler. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2018 di Kandang C, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro Semarang. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah 96 ekor DOC strain Lohmann dengan rata-rata bobot 37,43±2,48 g, tepung daun kelor, tepung bawang putih, ransum basal, kandang tipe koloni berukuran 1×1m, tirai plastik, alkohol, koran dan sekam, formalin dan KMnO 4 serta vaksin. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah blender, peralatan sanitasi kandang, lampu bohlam 30 watt, tempat ransum dan air minum, thermohygrometer, timbangan, spuit 5ml, vacutainer, cooling box, centrifuge serta alat tulis. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan dengan masing-masing ulangan terdiri dari 6 unit percobaan. Perlakuan yang diberikan adalah T 0 : ransum kontrol, T 1 : ransum + tepung daun kelor 1%, T 2 : ransum + tepung bawang putih 1%, dan T 3 : ransum + tepung daun kelor 1% + tepung bawang putih 1%. Sampel darah diambil pada umur 28 hari melalui vena brachialis. Parameter yang diukur meliputi level total kolesterol, trigliserida, LDL dan HDL darah ayam broiler. Data yang diperoleh dianalisis ragam pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan penambahan tepung daun kelor, tepung bawang putih dan kombinasi tepung daun kelor serta tepung bawang putih tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap level total kolesterol, trigliserida, LDL dan HDL darah ayam broiler. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata level kolesterol sebesar 158,4-194,8 mg/dl, rata-rata level trigliserida sebesar 111,68-129,48 mg/dl, rata-rata level LDL sebesar 30,79-48,80 mg/dl dan rata-rata level HDL sebesar 97,25-120,75 mg/dl. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penambahan tepung daun kelor, tepung bawang putih serta kombinasi tepung daun kelor serta tepung bawang putih dalam ransum tidak menurunkan level kolesterol, trigliserida dan LDL serta tidak meningkatkan level HDL darah ayam broiler.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:75621
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Aug 2019 10:34
Last Modified:20 Aug 2019 10:34

Repository Staff Only: item control page