Analisis Pengaruh Host Country terhadap Perusahaan Multinasional: Skandal “Dieselgate” Volkswagen Group di Amerika Serikat

Yoga, Alghazi Ahmad (2018) Analisis Pengaruh Host Country terhadap Perusahaan Multinasional: Skandal “Dieselgate” Volkswagen Group di Amerika Serikat. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2612Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
772Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1599Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1368Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
432Kb

Abstract

Bargaining position merupakan sebuah bagian penting dalam dinamika hubungan antar aktor dalam hubungan internasional. Bargaining position bisa dikatakan sebagai jembatan penghubung bagi suatu pihak untuk menujukkan leverage atau pengaruh hingga mencapai outcome atau kepentingan yang dituju. Dalam kasus skandal “dieselgate” di Amerika Serikat, nampak nuansa pengaruh yang lebih dominan dari Amerika Serikat sebagai Host Country terhadap Volkswagen Group sebagai perusahaan multinasional (MNC) dalam penyelesaian kasus tersebut. Amerika Serikat merupakan rumah (home) sekaligus tuan rumah (host) bagi beberapa perusahaan multinasional (MNC) yang bergerak di industri otomotif. Nama-nama besar seperti General Motors dan Ford menjadi representasi dari kedigdayaan industri otomotif di Amerika Serikat. Posisi Amerika Serikat sebagai sebuah negara dengan kondisi politik dan ekonomi yang matang, menjadi sebuah keunggulan tersediri bagi Amerika Serikat. Ditambah lagi dengan kondisi seperti yang telah disebutkan, tentu menimbulkan daya tarik tersendiri bagi beberapa Perusahaan Multinasional (MNC) di industri ini untuk mengembangkan kegiatan bisnisnya di Amerika Serikat, tidak terkecuali bagi Volkswagen Group.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JZ International relations
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
ID Code:75614
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Aug 2019 10:15
Last Modified:20 Aug 2019 10:15

Repository Staff Only: item control page