Yoga, Alghazi Ahmad (2018) Analisis Pengaruh Host Country terhadap Perusahaan Multinasional: Skandal “Dieselgate” Volkswagen Group di Amerika Serikat. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
| PDF - Published Version 2612Kb | |
| PDF - Published Version 772Kb | |
| PDF - Published Version 1599Kb | |
| PDF - Published Version 1368Kb | |
| PDF - Published Version 432Kb |
Abstract
Bargaining position merupakan sebuah bagian penting dalam dinamika hubungan antar aktor dalam hubungan internasional. Bargaining position bisa dikatakan sebagai jembatan penghubung bagi suatu pihak untuk menujukkan leverage atau pengaruh hingga mencapai outcome atau kepentingan yang dituju. Dalam kasus skandal “dieselgate” di Amerika Serikat, nampak nuansa pengaruh yang lebih dominan dari Amerika Serikat sebagai Host Country terhadap Volkswagen Group sebagai perusahaan multinasional (MNC) dalam penyelesaian kasus tersebut. Amerika Serikat merupakan rumah (home) sekaligus tuan rumah (host) bagi beberapa perusahaan multinasional (MNC) yang bergerak di industri otomotif. Nama-nama besar seperti General Motors dan Ford menjadi representasi dari kedigdayaan industri otomotif di Amerika Serikat. Posisi Amerika Serikat sebagai sebuah negara dengan kondisi politik dan ekonomi yang matang, menjadi sebuah keunggulan tersediri bagi Amerika Serikat. Ditambah lagi dengan kondisi seperti yang telah disebutkan, tentu menimbulkan daya tarik tersendiri bagi beberapa Perusahaan Multinasional (MNC) di industri ini untuk mengembangkan kegiatan bisnisnya di Amerika Serikat, tidak terkecuali bagi Volkswagen Group.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations |
ID Code: | 75614 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 20 Aug 2019 10:15 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 10:15 |
Repository Staff Only: item control page