FERMENTABILITAS PAKAN KOMPLIT DENGAN LEVEL NEUTRAL DETERGENT FIBER BERBEDA YANG MENGANDUNG PROBIOTIK ISI RUMEN KERBAU PADA DOMBA LOKAL BALIBUL

PUTRA, DWI IFANANDA and Surono, Surono and Sunarso , Sunarso (2019) FERMENTABILITAS PAKAN KOMPLIT DENGAN LEVEL NEUTRAL DETERGENT FIBER BERBEDA YANG MENGANDUNG PROBIOTIK ISI RUMEN KERBAU PADA DOMBA LOKAL BALIBUL. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
931Kb
[img]
Preview
PDF
29Kb
[img]
Preview
PDF
121Kb
[img]
Preview
PDF
149Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1282Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pakan komplit dengan level NDF berbeda yang mengandung probiotik isi rumen kerbau terhadap produksi NH 3 , volatile fatty acids total dan protein total pada domba balibul. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - September 2018 di Kandang Digesti dan Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan, Departemen Peternakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 ekor domba lokal berjenis kelamin jantan dengan umur di bawah lima bulan (balibul) dengan bobot badan rata-rata 9,79 ± 1,51 kg. Pakan yang digunakan yaitu pakan komplit yang tersusun atas pollard, dedak padi, bungkil kelapa, bungkil kedelai, molases, mineral mix, susu skim, tepung jagung, onggok dan rumput gajah. Isi rumen kerbau yang digunakan sebagai probiotik diperoleh dari rumah pemotongan hewan di Kudus. Bahan yang digunakan untuk analisis VFA, NH 3 dan protein total di laboratorium yaitu cairan rumen domba, H 2 SO 4 15%, akuades, NaOH 0,5 N, indikator phenolphtalein (PP) 1%, HCl 0,5 N, vaselin, asam borat (H 3 BO 3 ) 4%, indikator methyl red, indikator bromkresol hijau, sodium karbonat jenuh (Na 2 0,0055 N, trichloroacetic acid (TCA) 20%, sulphosalysilic acid (SSA) 2% dan HCl 0,1 N. Alat yang digunakan selama penelitian yaitu kandang domba tipe individu, ember untuk tempat minum, timbangan untuk menimbang pakan dan domba, serta pompa vakum. Alat yang digunakan untuk analisis NH 3 , VFA dan protein total di laboratorium yaitu oven, eksikator, cawan Conway, tabung suling, stirrer, gelas ukur 25 ml dan 50 ml, pendingin tegak, labu Erlenmeyer, seperangkat alat destilasi, tabung fermentor, centrifuge dan pipet ukur 5 ml. Perlakuan yang diterapkan dalam penlitian ini yaitu pemberian pakan komplit dengan level NDF 25%, 30%, 35% dan 40% dengan penambahan probiotik isi rumen kerbau 5% serta pemberian pakan komplit dengan level NDF 25% tanpa penambahan probiotik isi rumen kerbau sebagai perlakuan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pakan perlakuan yang diberikan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap produksi amonia (NH 3 ), volatile fatty acids total dan protein total pada domba balibul. Hasil uji wilayah ganda Duncan terhadap nilai tengah perlakuan menunjukkan bahwa produksi amonia (NH 3 ), volatile fatty acids total dan protein total pada masing-masing perlakuan berbeda nyata (P<0,05). Simpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pakan komplit dengan level NDF 30% yang mengandung isi rumen kerbau 5% menghasilkan produksi NH 3 , VFA total dan protein total paling tinggi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:75613
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Aug 2019 10:14
Last Modified:20 Aug 2019 10:14

Repository Staff Only: item control page