HUBUNGAN ANTARA JENIS PEKERJAAN, PENGETAHUAN, KELELAHAN DAN HOUSE KEEPING DENGAN KEJADIAN MINOR INJURY (STUDI PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI PT. BANDENG JUWANA-ERLINA SEMARANG)

Lestari , Darsini Puji (2019) HUBUNGAN ANTARA JENIS PEKERJAAN, PENGETAHUAN, KELELAHAN DAN HOUSE KEEPING DENGAN KEJADIAN MINOR INJURY (STUDI PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI PT. BANDENG JUWANA-ERLINA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Minor injury merupakan kecelakaan kerja yang dapat menimbulkan cidera ringan yang seteIah diberi pengobatan dapat Iangsung bekerja kembali. Adanya kontak pekerja dengan peralatan dan bahan baku produksi dapat menyebabkan terjadinya minor injury, namun kerap kali minor injury diabaikan oleh pekerja maupun manajemen. Kecelakaan kerja dapat disebabkan oleh penyebab langsung (unsafe action - unsafe condition) dan penyebab dasar (faktor manusia). Sebagian besar pekerja bagian produksi PT. Bandeng Juwana-Erlina pernah mengalami kejadian minor injury. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara jenis pekerjaan, pengetahuan, kelelahan dan house keeping dengan kejadian minor injury. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan studi cross-sectional. Sampel adalah seluruh populasi yang berjumlah 35 pekerja bagian produksi bandeng presto yang terdiri dari pekerja penanganan ikan dan pekerja pemasakan ikan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner untuk variabel jenis pekerjaan dan pengetahuan, lembar observasi untuk variabel housekeeping, dan kuesioner baku IFRC untuk variabel kelelahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja yang mengalami kejadian minor injury sebanyak 57.10%. Responden dengan pengetahuan baik sebanyak 68.6%, responden dengan tingkat kelelahan sedang sebanyak 60% dan kondisi housekeeping baik sebanyak 51.40%. Hasil analisis chi-square menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara jenis pekerjaan (p = 0.14), pengetahuan (p= 0.47), kelelahan (p = 1.00) dengan kejadian minor injury. Terdapat hubungan antara housekeeping (p = 0.03) dengan kejadian minor injury. Berdasarkan hasil penelitian disarankan sebaiknya perusahaan menyediakan peralatan tambahan pada proses pembersihan ikan Kata Kunci: minor injury, pengetahuan, kelelahan, housekeeping

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:75576
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:19 Aug 2019 11:41
Last Modified:19 Aug 2019 11:41

Repository Staff Only: item control page