GAMBARAN PERILAKU ORAL HYGIENE SKOR, SKOR PLAK DAN SKOR GINGIVA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS (STUDI DI RSUD TUGUREJO SEMARANG)

WAYENI, CHRISTIANTO ISMU PRIYO BOKA (2019) GAMBARAN PERILAKU ORAL HYGIENE SKOR, SKOR PLAK DAN SKOR GINGIVA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS (STUDI DI RSUD TUGUREJO SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Latar Belakang : Diabetes melitus merupakan penyakit degenaratif yang diketahui dapat menyebabkan peningkatan risiko pada masalah kesehatan gigi dan mulut terutama penumpukan plak dan gangguan gingiva. Prevalensi DM di indonesia berkisar 6,9% dari jumlah penduduk dan masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia mencapai 25,9%. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang perilaku oral hygiene, skor plak dan skor gingiva pada penderita diabetes melitus. Metode : Penelitian ini menjadikan 30 responden berdasarkan hasil dari rumus Slovin.pasien diabetes yang memeriksa pada poli penyakit dalam sebagai sampel dengan metode convenience sampling.Analasis data penelitian adalah analisis univariat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional dengan desain studi cross sectional. Hasil : Rata-rata pasien diabetes melitus yang dijadikan responden pada penelitian ini memiliki perilaku oral hygiene yang buruk (50%) dengan tingkat pengetahuan terhadap oral hygiene masih rendah (63,3%) . Rata-rata pasien diabetesmemiliki status indeks plak memprihatinkan (66,7%) dan indeks gingiva sebanyak 19 orang memiliki status gingiva buruk (43,3%). Kesimpulan : Tingkat penderita diabetes masih belum sadar akan menjaga kebersihan gigi dan mulut dikarenakan tingkat pengetahuannya masih kurang akan hal ini. Berdasarkan penelitian ini diharapkan lebih adanya sosialisasi dan kesadaran untuk rajin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut terutama pada pasien diabetes melitus Kata Kunci: Diabetes melitus, oral hygiene, skor plak, skor gingiva

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:75551
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Aug 2019 09:52
Last Modified:19 Aug 2019 09:52

Repository Staff Only: item control page