ANALISIS INOVASI PELAYANAN PERIZINAN JEMPUT BOLA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN SEMARANG

Ida , Wantri Hastuti (2018) ANALISIS INOVASI PELAYANAN PERIZINAN JEMPUT BOLA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
508Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
799Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
425Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1378Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
312Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
158Kb

Abstract

Analisis inovasi pelayanan perizinan jemput bola di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Semarang dilatar belakangi oleh pelayanan yang masih buruk hal ini dikarenakan jarak antara kecamatan dan letak Dinas yang tergolong jauh sehingga pelayanan yang diberikan masyarakat terhambat. Inovasi jemput bola adalah solusi dari permasalahan tersebut yang dilakukan oleh DPMPTSP Kabupaten Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses inovasi jemput bola yang dilakukan serta untuk mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat dari inovasi jemput bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatatif yang diharapkan dapat memberikan gambaran jelas terkait proses inovasi serta faktor pendorong dan faktor penghambat. Hasil dari penelitian ini adalah proses inovasi jemput bola terdiri dari tahap pengetahuan (knowledge), tahap bujukan (persuation), tahap keputusan (decision), tahap implementasi (implementation), tahap konfirmasi (confirmation). Faktor pendorong dari inovasi jemput bola adalah dorongan politik, tekanan ekonomi dan peningkatan efisiensi, tekanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Faktor penghambat terdiri dari keengganan menutup program yang gagal, teknologi ada, terhambat budaya dan penataan organisasi, tidak ada penghargaan atau insentif, ketidakmampuan menghadapi resiko dan perubahan, anggaran jangka pendek dan perencanaan, budaya risk aversion. Rekomendasi dari penelitian ini adalah penggunaan teknologi dalam inovasi jemput bola, pelatihan pegawai DPMPTSP dalam penggunaan teknologi, penambahan sarana dan prasarana serta kegiatan inovasi jemput bola lebih rutin dilakukan agar tercapai pelayanan yang cepat, efisien dan efektif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
ID Code:75495
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Aug 2019 10:53
Last Modified:16 Aug 2019 10:53

Repository Staff Only: item control page