PENGARUH LOKASI, MERCHANDISE DAN ATMOSFER DALAM GERAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GELAEL SIGNATURE MALL CIPUTRA SEMARANG

Maria , Yessica Lumban Gaol (2018) PENGARUH LOKASI, MERCHANDISE DAN ATMOSFER DALAM GERAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GELAEL SIGNATURE MALL CIPUTRA SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
PDF
638Kb
[img]
Preview
PDF
486Kb
[img]
Preview
PDF
231Kb
[img]
Preview
PDF
436Kb
[img]
Preview
PDF
10Kb

Abstract

Pertumbuhan bisnis ritel modern di Indonesia saat ini telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat dan memiliki prospek yang menjanjikan di masa yang akan datang. Pertumbuhan ritel ini menyebabkan perusahaan sejenis bersaing untuk menarik konsumen dan mempertahankan pelanggan dengan menggunakan strategi pemasaran ritel yang mereka miliki. Salah satu ritel yang masih bertahan hingga sekarang yaitu Gelael Signature. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, merchandise, dan atmosfer dalam gerai terhadap keputusan pembelian konsumen pada Gelael Signature Mall Ciputra Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang merupakan konsumen Gelael Signature. Penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh lokasi, merchandise, dan atmosfer dalam gerai terhadap keputusan pembelian konsumen menggunakan statistik dengan bantuan sistem IBM SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan menyumbang 32,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain lokasi. Merchandise berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan menyumbang 15,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain merchandise. Atmosfer dalam gerai berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan menyumbang 34,7%. Sedangkan, secara simultan lokasi, merchandise, dan atmosfer dalam gerai berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan menyumbang 44,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain lokasi, merchandise, dan atmosfer dalam gerai. Berdasarkan perhitungan Uji F menunjukkan bahwa terdapat terdapat pengaruh signifikan lokasi, merchandise, dan atmosfer dalam gerai terhadap keputusan pembelian. Artinya semakin baik lokasi, merchandise, dan atmosfer dalam gerai maka semakin tinggi keputusan pembelian konsumen pada Gelael Signature Mall Ciputra Semarang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan agar Gelael berkoordinasi dengan pihak Mall untuk menyediakan tempat parkir yang luas dan aman, menyediakan stok barang serta meningkatkan atmosfer dalam gerai.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75440
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:15 Aug 2019 15:00
Last Modified:15 Aug 2019 15:00

Available Versions of this Item

Repository Staff Only: item control page