EFEK PEMBERIAN MULTINUTRIEN BLOK TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, KECERNAAN BAHAN ORGANIK DAN TDN PAKAN PADA KAMBING KACANG

RAMADHANTHY, DYAH AYU and Pujaningsih, Retno Iswarin and Widiyanto, Widiyanto (2019) EFEK PEMBERIAN MULTINUTRIEN BLOK TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, KECERNAAN BAHAN ORGANIK DAN TDN PAKAN PADA KAMBING KACANG. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL.

[img]
Preview
PDF
567Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]
Preview
PDF
170Kb
[img]
Preview
PDF
275Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1126Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh jumlah pemberian multinutrien blok (MNB) terhadap nilai kecernaan bahan kering (KcBK), kecernaan bahan organik (KcBO) dan total digestible nutrients (TDN). Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – Agustus 2018 bertempat di Laboratorium Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Pemeliharaan kambing Kacang dilaksanakan di kandang percobaan Desa Mrunten, Kelurahan Kalisidi, Kota Ungaran, Kabupaten Semarang. Analisis KcBK, KcBO dan TDN dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi penelitian yang digunakan adalah kambing Kacang jantan berumur 7 bulan sebanyak 12 ekor dengan 3 kelompok berat badan kambing berbeda yaitu kelompok 1 sebesar 17,5 kg – 20 kg, kelompok 2 sebesar 15 kg – 17,4 kg dan kelompok 3 sebesar 13,5 kg – 14,9 kg. Alat yang digunakan adalah chopper, grinder, cetakan paralon, timbangan, timbangan digital, ember, peralatan analisis dan alat tulis. Bahan penelitian yang digunakan adalah hijauan jagung, cangkang kerang darah, cangkang telur, molases, urea, bentonit dan garam. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan pemberian MNB (0, 5, 10, 15 g), dengan 3 kelompok berdasarkan bobot badan. Parameter yang diamati adalah KcBK, KcBO dan TDN. Analisis data menggunakan analisis varians (anova) taraf signifikasi 5% untuk mengetahui adanya pengaruh perlakuan. Apabila terdapat pengaruh perlakuan, maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian MNB (0, 5, 10, 15 g) tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kecernaan bahan kering (KcBK), kecernaan bahan organik (KcBO) dan total digestible nutrients (TDN) pada kambing Kacang. Simpulan dari penelitian ini bahwa pemberian MNB (0, 5, 10, 15 g) memberikan efek yang sama terhadap kecernaan bahan kering (KcBK), kecernaan bahan organik (KcBO) dan total digestible nutrients (TDN) pada kambing Kacang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:75428
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Aug 2019 11:56
Last Modified:15 Aug 2019 11:56

Repository Staff Only: item control page