HUBUNGAN INDIKATOR OBESITAS DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI (STUDI PADA WANITA PEDAGANG USIA 20-45 TAHUN DI PASAR KELET, KABUPATEN JEPARA TAHUN 2019)

Trisnawati , Eva Eka (2019) HUBUNGAN INDIKATOR OBESITAS DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI (STUDI PADA WANITA PEDAGANG USIA 20-45 TAHUN DI PASAR KELET, KABUPATEN JEPARA TAHUN 2019). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Hipertensi merupakan penyebab kematian kelima tertinggi di Indonesia dan diperkirakan akan mengalami peningkatan selama 20 tahun kedepan. Wanita dewasa obesitas berisiko terhadap kejadian hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan beberapa indikator obesitas (indeks massa tubuh,persentase lemak tubuh, lingkar pinggang, dan rasio lingkar pinggang terhadap lingkar panggul) dengan kejadian hipertensi dan menentukan indikator obesitas yang berhubungan paling kuat dengan hipertensi. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi sejumlah 63 wanita pedagang usia 20-45 tahun di Pasar Kelet, Jepara. Teknik pengambilan sampling dengan purposive sampling dan didapatkan subjek sebanyak 45 subjek. Instrumen penelitian terdiri dari tensimeter digital, microtoise, timbangan berat badan digital, metline, Bioelectrical Impedance Analysis, Food Frequency Questionnaire semikuantitatif, recall aktivitas fisik, dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi-Square, Fisher Exact Test dan regresi logistik. Sebanyak 62,2% subjek mengalami hipertensi, 55,6% mengalami obesitas berdasarkan IMT, 66.7% mengalami obesitas berdasarkanlingkar pinggang, 62,2% mengalami obesitas berdasarkanRLPPdan 71,1% mengalami obesitas berdasarkan persentase lemak tubuh. Ada hubungan IMT (p=0,002), lingkar pinggang (p=0,002), RLPP(p=0,0001) dan persentase lemak tubuh (p=0,028) dengan kejadian hipertensi. Indikator obesitas berhubungan paling kuat dengan kejadian hipertensiyaitu RLPP (OR=28,56) setelah dikontrol dengan variabel pengganggu (asupan natrium, tingkat kecukupan lemak, dan aktivitas fisik). Disimpulkan bahwa semua indikator obesitas berhubungan dengan kejadian hipertensi dan indikator obesitas yang berhubungan kuat dengan kejadian hipertensi yaitu RLPP. Saran bagi wanita pedagang sebaiknya mengurangi konsumsi natrium dan lemak serta meningkatkan aktivitas fisik. Kata kunci : hipertensi, IMT,persentase lemak tubuh, lingkar pinggang, RLPP Kata Kunci: hipertensi, IMT,persentase lemak tubuh, lingkar pinggang, RLPP

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
ID Code:75417
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Aug 2019 08:46
Last Modified:15 Aug 2019 08:46

Repository Staff Only: item control page