HUBUNGAN PERSEN LEMAK TUBUH DAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KAPASITAS VO2MAX ATLET BULUTANGKIS (Studi di UKM Bulutangkis Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro)

AINI, TALITHA RAHMA NUR (2019) HUBUNGAN PERSEN LEMAK TUBUH DAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KAPASITAS VO2MAX ATLET BULUTANGKIS (Studi di UKM Bulutangkis Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Capaian jumlah perolehan medali emas atlet Indonesia dalam event olahraga regional dan internasional pada tahun 2017 belum mencapai target yaitu sebesar 77,55%. Capaian prestasi yang belum sesuai target disebabkan oleh belum optimalnya penerapan ilmu kesehatan olahraga. Atlet bulutangkis tidak hanya menyelesaikan satu babak pertandingan melainkan lebih ke seri turnamen sehingga dituntut untuk memiliki kapasitas VO2 max yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kadar hemoglobin dan persen lemak tubuh dengan kapasitas VO2 max atlet bulutangkis.Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu atlet bulutangkis di UKM bulutangkis UNNES dan UNDIP. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 atlet. Variabel dalam penelitian ini yaitu kadar hemoglobin, persen lemak tubuh dan kapasitas VO2 max. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, pengukuran persen lemak tubuh menggunakan BIA, pengukuran kadar hemoglobin dengan metode cyanmethemoglobin dan kapasitas VO2 max menggunakan metode MFT. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji Pearson Product Moment, Rank Spearman dan Chi Square. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa sebagian besarresponden memiliki kapasitas VO2 max sedang, kadar hemoglobin normal dan persen lemak tubuh dalam kategori gemuk. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persen lemak tubuh dan kadar hemoglobin dengan kapasitas VO2 max (p=0,001 ; p=0,035). Atlet disarankan untuk melakukan latihan fisik diluar jam latihan rutin serta memperhatikan asupan zat gizi terutama zat besi. Pengelola UKM disarankan untuk melakukan pengecekan VO2 max secara rutin pada atlet serta merancang latihan fisik terprogram diluar jadwal rutin Kata Kunci: VO2 max, Hemoglobin, Persen Lemak Tubuh, Atlet Bulutangkis

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:75416
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Aug 2019 08:39
Last Modified:15 Aug 2019 08:39

Repository Staff Only: item control page