PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BAGIAN GENERAL REPAIR PT. NASMOCO KALIGAWE

M. Boing , Norta Ellyandi (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BAGIAN GENERAL REPAIR PT. NASMOCO KALIGAWE. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
618Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
605Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
315Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
676Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
16Kb

Abstract

Persaingan bisnis dalam era globalisasi menuntut perusahaan untuk mampu bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang dinamis. Sudah menjadi tujuan perusahaan untuk membuat konsumen merasa puas sehingga dapat memenangkan persaingan. Agar kepuasan konsumen terpenuhi, maka perusahaan harus dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan membangun citra perusahaan yang baik dimata pelanggan. Penelitian ini dilakukan karena target yang diharapkan pada general repair PT. Nasmoco Kaligawe selama periode tahun 2015, 2016, dan 2017 belum tercapai dan mengalami fluktuasi, sehingga perlu diketahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen penggunaan jasa General Repair PT. Nasmoco Kaligawe. Metode penelitian ini adalah explanatory dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa layanan pada bagian general repair PT. Nasmoco Kaligawe saat penelitian dilakukan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 18.0, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, dan uji signifikansi (uji t dan uji F) terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan Citra Perusahaan secara parsial dan simultan mempengaruhi kepuasan konsumen penggunaan jasa General Repair PT. Nasmoco Kaligawe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antara kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen adalah kuat (nilai r 0,628). Kedua variabel bebas terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisien regresi yang positif sebesar 0,106 untuk kualitas pelayanan dan 0,451 untuk citra perusahaan. Nilai F hitung sebesar 31,605 yang lebih besar dari F tabel (3,0892). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar PT. Nasmoco Kaligawe dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan, khususnya perihal lama pengerjaan perbaikan atau service mobil dan antre service advisor. Sedangkan untuk citra perusahaan, PT. Nasmoco Kaligawe perlu lebih meningkatkan kepedulian dengan lingkungan sekitar dengan mewujudkan corporate social responsibility.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75395
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2019 14:23
Last Modified:14 Aug 2019 14:23

Repository Staff Only: item control page