KNOCKOFF BRAND SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN KNALPOT “PALSU” PURBALINGGA

Lutfitona, Ridho Pambudi (2018) KNOCKOFF BRAND SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN KNALPOT “PALSU” PURBALINGGA. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1277Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
495Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
487Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
708Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

Dalam kalangan dunia otomotif baik itu motor maupun mobil banyak para pemilik yang tidak ingin kendaraan miliknya terlihat sama dengan kebanyakan orang. Salah satu cara agar kendaraan menjadi berbeda dengan orang lain adalah modifikasi. Knalpot menjadi salah satu bagian pada kendaraan yang paling banyak diubah dari model standartnya. Salah satu alasan mengapa orang banyak mengganti knalpot standar mereka menjadi knalpot racing selain karena tampilannya yang lebih menarik banyak knalpot racing yang berpengaruh meningkatkan performa kendaraan. Purbalingga merupakan salah satu daerah produsen knalpot terbesar yang di kenal dengan produk knalpot palsunya, pada data penjualan tahun 2016 terlihat jelas penjualan knalpot palsu lebih banyak daripada knalpot dengan label asli dengan kualitas yang cenderung sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu hubungan antara citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian knalpot Purbalinga. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory researh dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode sampling purposive, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner wawancara dan jumlah sampel sebanyak 100 responden konsumen knalpot Purbalingga. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji regresi sederhana dan berganda, signifikansi uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan hubungan variabel citra merek dan kualitas produk memiliki pengaruh yang kuat dan positif terhadap keputusan pembelian knalpot Purbalingga baik itu knalpot dengan label asli dan knalpot dengan label asli. Untuk knalpot dengan label asli uji koefisien korelasi antara variabel citra merek dan kualitas produk terhadap variabel keputusan pembelian adalah 0,862. Uji regresi terdapat pengaruh positif dari variabel citra merek (X1) dan Kualitas produk (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) sehingga arah hubungan ketiga variabel adalah searah. perhitungan koefisien determinasi antara variabel citra merek dan kualitas produk terhadap variabel keputusan pembelian adalah sebesar 67,6% sedangkan 32,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor yang lain selain citra merek dan kualitas produk. Sedangkan untuk knalpot dengan label palsu, uji koefisien korelasi antara variabel citra merek dan kualitas produk terhadap variabel keputusan pembelian adalah 0,754. Uji regresi terdapat pengaruh positif dari variabel citra merek (X1) dan Kualitas produk (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) sehingga arah hubungan ketiga variabel adalah searah. perhitungan koefisien determinasi antara variabel citra merek dan kualitas produk terhadap variabel keputusan pembelian adalah sebesar 67,1% sedangkan 32,9% (100% - 67,1%) lainnya dipengaruhi oleh faktor yang lain selain citra merek dan kualitas produk. Kesimpulanya yang menjadi pembeda antara knalpot dengan label asli dan palsu hanyalah kontribusi variabel citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian knalpot Purbalingga dengan label asli lebih besar dibandingkan dengan knalpot dengan label palsu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75391
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2019 14:01
Last Modified:14 Aug 2019 14:01

Repository Staff Only: item control page