PENGARUH LABELISASI HALAL, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Konsumen Kosmetik Sariayu di Kota Semarang)

Novie , Putri Anggraini (2018) PENGARUH LABELISASI HALAL, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Konsumen Kosmetik Sariayu di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1157Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
347Kb
[img]
Preview
PDF - Accepted Version
276Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
311Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
38Kb

Abstract

Industri kosmetik di Indonesia pada saat ini sedang berkembang pesat. Kosmetik sendiri merupakan alternatife pilihan yang dapat digunakan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan sekunder serta untuk mempercantik diri. Sariayu merupakan salah satu produk yang sudah berlabel halal. Merek sariayu merupakan merek yang sudah sejak lama ada dan merupakan salah satu merek kosmetik lokal terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, konsumen percaya terhadap merek Marrek sariayu sehingga konsumen tertarik untuk membeli maupun melakukan pembelian ulang. Desain yang menarik serta berbeda dengan produk lain juga akan meninggalkan memori tersendiri bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung antara labelisasi halal, harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan sampel sebanyak 100 responden wanita di kota semarang yang menggunakan produk kosmetik sariayu minimal 1 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis Partial Least Square (PLS), pengujian mediasi/intervening dengan menggunakan Variance Accounted For (VAF) dan Indikator Fit Model (Model of Indices) dengan menggunakan Aplikasi WarpPLS 6.0. Berdasarkan hasil analisis perhitungan WarpPLS dapat dijelaskan bahwa hasil uji pengaruh langsung antara labelisasi halal, harga, kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada model penelitian ini menunjukan hasil pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil uji pengaruh langsung antara labelisasi halal, harga, kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada model penelitian ini menunjukan hasil pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil uji pengaruh tidak langsung antara labelisasi halal, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan juga menunjukan hasil pengaruh positif dan signifikan. Pengaruh kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi dalam model penelitian ini adalah parsial mediation. Saran yang diajukan meliputi peningkatkan kualitas produkn agar daya tahan kosmetik lebih awet, terus berinovasi terkait kemasan produk agar lebih menarik dan mampu melindungi produk dengan baik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
ID Code:75332
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Aug 2019 15:00
Last Modified:12 Aug 2019 15:00

Repository Staff Only: item control page