Pengaruh Kemudahan Akses dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Online Tiket.com (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif S1 Universitas Diponegoro)

Nindy , Riska Amalia (2018) Pengaruh Kemudahan Akses dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Online Tiket.com (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif S1 Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
916Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
237Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
271Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
249Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Perkembangan bisnis yang semakin maju selalu beriringan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Salah satu bisnis yang dipengaruhi perkembangan teknologi internet adalah e-commerce. Sebagai initiator, Tiket.com telah kalah saing dengan kompetitor yang bermunculan. Maka dari itu, upaya menarik konsumen untuk membeli merupakan hal penting agar konsumen tidak beralih ke jasa yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan akses dan diskon terhadap keputusan pembelian situs online Tiket.com. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi dan sampel yang digunakan adalah pengguna Tiket.com di Universitas Diponegoro yang diambil sebanyak 156 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kemudahan akses dan diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dibuktikan melalui uji regresi linear sederhana dengan nilai regresi yaitu kemudahan akses sebesar 0,461 dan diskon sebesar 0,596. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi, uji determinasi, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji t dan uji F dengan bantuan program IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 23. Pengaruh kemudahan akses dan diskon secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 43,8 %. Sedangkan sisanya 56,2 % dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memberikan saran kepada Tiket.com agar meningkatkan user interface baik pada situs maupun aplikasi selular sehingga lebih mudah, lebih memperhatikan persaingan harga dan fitur dengan kompetitor sebagai bahan komparasi, dan meninjau kembali standard operating procedure terkait prosedur pembayaran dan prosedur pemesanan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75325
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:12 Aug 2019 13:42
Last Modified:12 Aug 2019 13:42

Repository Staff Only: item control page