PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK THE BODY SHOP (Studi kasus pada Pelanggan The Body Shop Semarang)

Indah , Putri Marliani (2018) PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK THE BODY SHOP (Studi kasus pada Pelanggan The Body Shop Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
424Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
844Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
90Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
276Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
20Kb

Abstract

Kosmetika sebagai produk kecantikan merupakan barang yang sering kali di beli dan di pilih para konsumen wanita khususnya. Produk Kosmetik merupakan produk yang unik, karena selain produk ini memilki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan mendasar (terutama wanita) akan kecantikan sekaligus sebagai sarana bagi konsumen untuk memperjelas identitas dirinya di masyarat. Salah satu bisnis kosmetika yang popular dikalangan masyarakat adalah merek The Body Shop. Namun pada kenyataannya The Body Shop sampai saat ini belum mendapatkan hasil yang memuaskan dalam penjualannya di Indonesia dan telah kalah saing dengan kompetitor yang bermunculan. Maka dari itu, upaya menarik konsumen untuk memiliki loyalitas tinggi merupakan hal penting agar eksistensi perusahaan terus terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan produk The Body Shop yang ada di kota Semarang. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi dan sampel yang digunakan adalah pelanggan The Body Shop di Kota Semarang yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Brand Image dan kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dibuktikan melalui uji regresi linear sederhana dengan nilai regresi yaitu brand image sebesar 0,480 dan kualitas produk sebesar 0,491. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi, uji determinasi, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji t dan uji F dengan bantuan program IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 23. Pengaruh brand image dan kualitas produk secara bersama-sama mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 39,7 %. Sedangkan sisanya 60,3 % dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memberikan saran kepada The Body Shop agar menjaga image produk natural yang sudah melekat pada brand dan terus meningkatkan kualitas produknya baik dalam segi pengemasan maupun bahan baku yang digunakan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75313
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Aug 2019 10:57
Last Modified:12 Aug 2019 10:57

Repository Staff Only: item control page