PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) OPERATOR TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG (TPKS)

Hani , Rahma Ardhani (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) OPERATOR TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG (TPKS). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
669Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
678Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
456Kb
[img]
Preview
PDF - Accepted Version
1161Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
92Kb

Abstract

Semua perusahaan menginginkan kinerja karyawan tinggi, dengan harapan berpotensi mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Kontribusi sumber daya manusia bagi sebuah perusahaan sangat strategis. Melalui variabel yang mempengaruhinya termasuk kepemimpinan dan Budaya Organisasi. Berdasarkan permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah adanya penurunan kinerja karyawan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Terminal Peti Kemas (Semarang) pada tahun 2016-2017 pada pencapaian produksi box pegawai operator TPKS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap kinerja karyawan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Terminal Peti Kemas (Semarang). Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan populasi sebanyak 74 responden karyawan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Terminal Peti Kemas (Semarang). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji signifikansi (uji t dan uji f) dengan menggunakan aplikasi SPSS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan dan Budaya Organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Variabel kepemimpinan memiliki pengaruh yang lebih besar dari variabel Budaya Organisasi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyarankan perusahaan untuk memperhatikan faktor lingkungan kerja dimana lingkungan kerja di bagian teknik memerlukan kerjasama tim antara atasan dan bawahan yang baik agar karyawan dapat menyelesaikan tugasnya saat bekerja dilapangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75312
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:12 Aug 2019 10:46
Last Modified:12 Aug 2019 10:46

Repository Staff Only: item control page