PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP INTENTION BEHAVIOR MELALUI WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MAHASISWA S1 PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO)

Talitha , Amelinda (2017) PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP INTENTION BEHAVIOR MELALUI WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MAHASISWA S1 PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
428Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
509Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
282Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
690Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
154Kb

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan pasar-pasar internasional dan multinasional yang potensial membuat semakin pesatnya pertumbuhan produkproduk asing yang masuk ke Indonesia, terutama dibidang elektronik khususnya gadget seperti smartphone. Fenomena ini ditandai dengan terus bertambahnya jumlah pengguna smartphone di dunia dari tahun 2013-2018. Smartphone Samsung pada saat ini menjadi market leader di Indonesia, akan tetapi dari tahun 2012-2015 jumlah penjualan produk smartphone Samsung di Semarang mengalami penurunan tiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh country of origin dan brand image terhadap intention behavior melalui word of mouth sebagai variabel intervening. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan pengguna smartphone Samsung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana, koefisien determinasi, uji signifikansi (dua arah), dan analisis sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif variabel country of origin dan brand image terhadap variabel intention behavior maupun variabel word of mouth. Berdasarkan hasil analisis sobel, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif variabel country of origin terhadap intention behavior melalui word of mouth serta terdapat juga pengaruh positif variabel brand image terhadap intention behavior melalui word of mouth. Maka variabel word of mouth dapat dikatakan variabel mediasi parsial.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75297
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2019 14:59
Last Modified:09 Aug 2019 14:59

Repository Staff Only: item control page