EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM EXPANDING MATERNAL AND NEONATAL SURVIVAL ( EMAS ) SEBAGAI UPAYA PENURUNAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI DI KABUPATEN BREBES TAHUN 2013-2016

Sofyan , Choirudin (2019) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM EXPANDING MATERNAL AND NEONATAL SURVIVAL ( EMAS ) SEBAGAI UPAYA PENURUNAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI DI KABUPATEN BREBES TAHUN 2013-2016. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
693Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
906Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
885Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
832Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
402Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan proses implementasi program EMAS dalam upaya penurunan tingkat kematian ibu di Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif-deskriptif karena penelitian ini menjelaskan fenomena berkenaan dengan situasi yang terjadi dan dialami sekarang, sikap dan pandangan yang menggejalakan saat sekarang, hubungan antar variabel pertentangan dua kondisi atau lebih, pengaruh terhadap suatu kondisi, dan perbedaan antar fakta. Studi ini dilakukan dengan meminta informasi kepada subjek primer, yaitu sumber dan informan utama serta subjek sekunder, sebagai sumber data tambah dalam memperkuat data. Data tersebut kemudian menjelaskan upaya implementasi Progam EMAS di Kabupaten Brebes dalam rangka menanggulangi tingkat kematian ibu yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapaan program EMAS di Kabupaten Brebes tahun 2015-2016 telah berhasil menurunkan angka kematian ibu. Namum secara keseeluruhan belum optimal karena di tahun 2016 saat Program EMAS berakhir, Brebes masih memuncaki angka kemaian ibu paling tinggi di Jawa Tengah. Selain itu, menjelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhi dan dampak dari penerapan Program EMAS di Kabupaten Brebes tahun 2015-2016. Dalam kedepannya pemerintah Kabupaten Brebes Kabupaten Brebes perlu memperhatikan permasalahan kesehatan ibu dan anak. Penetapan regulasi pendukung penanganan kegawatdaruratan Ibu dan bayi. Memperbaiki sarana dan prasarana di fasilitas – fasilitas kesehatan, agar terciptanya pelayanan yang lebih baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:75278
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:09 Aug 2019 08:28
Last Modified:09 Aug 2019 08:28

Repository Staff Only: item control page