INOVASI KAMPUNG TEMATIK DI KOTA SEMARANG PEMBANGUNAN KAWASAN KUMUH BERBASIS PARTISIPASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS: KAMPUNG SEHAT RAMAH ANAK)

Rizka , Nuri Widiastuti (2019) INOVASI KAMPUNG TEMATIK DI KOTA SEMARANG PEMBANGUNAN KAWASAN KUMUH BERBASIS PARTISIPASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS: KAMPUNG SEHAT RAMAH ANAK). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
706Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
718Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1093Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
129Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
671Kb

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya inovasi Kampung Tematik di Kota Semarang. Tujuannya adalah untuk mengangkat potensi sekaligus menyelesaikan masalah yang timbul di masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah di daerah perlu melakukan suatu perubahan berupa upaya-upaya untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang ada dan berkembang di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang partisipasi dalam inovasi dan pemberdayaan masyarakat di Kampung Sehat Ramah Anak, yang merupakan salah satu Kampung Tematik yang dibentuk pada Tahun 2016 yang dulunya merupakan kawasan kumuh dan anak-anaknya yang tidak mempunyai kegiatan-kegiatan positif. Kajian dan analisa berdasarkan studi literatur dan kondisi yang sebenarnya serta kecenderungan partisipasi masyarakat dalam inovasi dan pemberdayaan di Kampung Sehat Ramah Anak. Hasil penelitian ini menujukkan inovasi yang muncul di masyarakat, karakteristik masyarakat dalam pengetahuan inovasi, keikutsertaan dalam perencanaan inovasi, pengetahuan aktor-aktor yang terlibat dan program-program yang diberikan serta partisipasi masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan. Oleh karena itu, pentingnya melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan. Sehingga inovasi-inovasi yang dibuat oleh pemerintah dapat berjalan dengan lancar dan berkelanjutan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:75274
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2019 08:39
Last Modified:09 Aug 2019 08:39

Repository Staff Only: item control page