PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN ANGKA KEMISKINAN DI DESA WULUNGSARI KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO

Nurul , Kurniawati (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN ANGKA KEMISKINAN DI DESA WULUNGSARI KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
482Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
958Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
613Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1490Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
151Kb

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan faktor penentu tercapainya keberhasilan suatu program pembangunan, karena masyarakat disini berperan sebagai aktor utama dalam pelaksanaan suatu program pembangunan. Di Desa Wulungsari melaksanakan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan yang bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatkan lahan pekarangan warga untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana partisipasi masyarakat baik itu dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari masyarakat Desa Wulungsari, sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemanfaatan lahan bisa dibilang sudah baik meskipun tidak semua masyarakat mengemukakan pendapat tetapi mereka ikut berpengaruh dan terlibat dalam pengambilan keputusan (2) Partisipasi masyarakat Desa Wulungsari dalam hal sumbangan baik itu berupa dana, tenaga, material maupun pemikiran juga sudah baik, dimana meskipun pada awal pelaksanaan pemanfaatan lahan belum ada bantuan sama sekali dari pemerintah tetapi warga secara sukarela menggunakan swadaya mereka sendiri (3) untuk kendala yang dihadapi, perlunya sosialisasi untuk meningkatkan motivasi masyarakat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:75268
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2019 08:40
Last Modified:09 Aug 2019 08:40

Repository Staff Only: item control page