PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM DESA WISATA DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN (STUDI DI DESA CEMPAKA KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL)

Effreyza , Rahmanda (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM DESA WISATA DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN (STUDI DI DESA CEMPAKA KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
321Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
244Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
172Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
409Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan upaya pemberdayaan masyarakat melalui program desa wisata dalam menanggulangi kemiskinan di Desa Cempaka Kecamatan Kabupaten Tegal. Peneltian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan memberikan gambaran masalah secara sistematis, cermat, rinci dan medalam untuk mengungkapkan fakta suatu masalah atau peristiwa. Studi ini dilakukan dengan meminta data dari informan yang dipilih secara cermat dan dianggap layak atau representatif dalam memberikan informasi mengenai permasalahan penelitian. Data tersebut kemudian menjelaskan upaya yang dilakukan oleh aktor-aktor pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pemerintah, masyarakat, dan swasta telah berupaya melakukan pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan di Desa Wisata Cempaka. Setiap aktor memiliki peranan masing-masing yang penting dalam proses pemberdayaan di Desa Wisata Cempaka. Dalam kedepannnya pemerintah, masyarakat dan swasta perlu meninggkatkan hubungan kerjasama yang optimal dan konsisten dalam pemberdayaan di Desa Wisata Cempaka.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:75259
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Aug 2019 08:24
Last Modified:26 Aug 2019 08:24

Repository Staff Only: item control page